Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Semin Gunungkidul Kebakaran, 8 Kios Terbakar

Kompas.com - 09/09/2017, 12:14 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kebakaran melanda kompleks Pasar Semin, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (9/8/2017) pagi. Akibatnya 8 kios terbakar.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran, kerugian diperkirakan mencapai Rp 475 juta.

"Sekitar pukul 05.00 WIB, warga melaporkan kejadian ke polsek Semin, dan kami tindak lanjuti," kata Kapolsek Semin AKP Sriyadi melalui Anggota SPK Polsek Semin Iptu Purwanto.

Pemadam kebakaran yang datang ke lokasi mampu memadamkan api setelah 1 jam berjibaku. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. "Sampai saat ini sedang didalami penyebab kebakaran, Total kerugian sekitar Rp 475 juta," katanya.

Baca juga: Tim Puslabfor Selidiki Kebakaran Pasar Gombong Kebumen

Dari data milik Polsek Semin, kebakaran melanda toko buku dan kelontong milik Suwarno; Bengkel roda dua milik Wakimin; Warung sate milik Sujarno; Potong rambut milik Denis; Warung mie ayam milik Tri Danarko; konter ponsel milik Darminto;kios Hasan; dan bangunan milik Partiyo.

Salah seorang pemilik toko, Darminto mengaku mendapatkan kabar ketika api sudah membesar. Namun beruntung tokonya tidak ludes dilalap api, hanya saja beberapa ponsel miliknya rusak karena air saat pemadaman api. "Api tiba-tiba membesar,"katanya.

Kades Semin Tri Sutarno mengatakan, api pertama kali diketahui dari ruko milik seorang warga, lalu merambat ke ruko lain. Warga yang mengetahui kebakaran tersebut langsung berupaya menjinakkan api dengan peralatan seadanya tetapi tidak mampu memadamkan api.

"Api baru berhasil dipadamkan sekitar satu jam setelah 3 mobil pemadam datang," katanya.

Informasi saja, Pasar Semin Gunungkidul pernah terbakar pada Selasa (31/12/2013), sehingga seluruh bangunan habis dilalap api.

Kompas TV Titik Kebakaran Pasar Songgolangit Sulit Padam
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com