PDI-P Tanya Sosok Cawagub Gus Ipul, Ketua PWNU Kirim Surat ke Megawati - Kompas.com

PDI-P Tanya Sosok Cawagub Gus Ipul, Ketua PWNU Kirim Surat ke Megawati

Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol
Kompas.com - 08/09/2017, 17:31 WIB
Kiai Mutawakkil menitipkan surat untuk Megawati melalui Ahmad Basarah.KOMPAS.com/Ahmad Faisol Kiai Mutawakkil menitipkan surat untuk Megawati melalui Ahmad Basarah.

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Para kiai dan ulama Jawa Timur dipastikan sepakat mendukung Gus Ipul sebagai calon tunggal dalam Pilkada Jawa Timur. Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah menyebutkan, ulama mendukung penuh Gus Ipul sebagai Cagub.

"Para ulama sepuh, baik pondok besar dan kecil, sudah sepakat melalui musyawarah dan istikharah. Sepakat mendukung calon tunggal, yaitu Gus Ipul, sebagai Cagub Jatim. Ini sudah keputusan bulat," kata Kiai Mutawakkil di hadapan Wasekjen DPP PDI-P Ahmad Basarah dan pengurus teras PDI-P, di Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Jumat (8/9/2017).

Tentang siapa cawagub yang pas untuk mendampingi Gus Ipul, Kiai Mutawakkil menyerahkan kepada PDI-P.

"Siapa saja, terserah. Pokoknya manusia, jangan jin, hahaha. Dengan catatan dia bisa menambah elektabilitas dan memanaskan mesin partai," ucapnya.

"Gus Ipul ini utusan kiai dan memerintahkan PKB mengusung Gus Ipul. Semoga pilihan kiai membawa keberkahan. Sebanyak 38 PCNU se-Jatim sepakat mengajukan calon tunggal. Saya minta DPP PDI-P segera menurunkan rekomendasi untuk Gus Ipul," tambahnya.

(Baca juga: Kiai NU Sodorkan Gus Ipul ke PDI-P)

 

Kiai Mutawakkil lalu menitipkan surat dengan tulisan tangan untuk Megawati. Surat itu dititipkan pada Ahmad Basarah, Wakil Sekjen DPP PDI-P.

Basarah mengaku ditugaskan khusus oleh Megawati untuk menyerap aspirasi ulama. Sebab NU dan Soekarno mempunyai hubungan dekat.

"Demikian pula PDI-P dan NU, punya hubungan erat. Kami kesini juga minta pendapat kiai, siapa yang pas untuk mendampingi Gus Ipul," tuturnya.

Meski begitu, menurut Basarah, PDI-P sudah memiliki pandangan siapa yang akan didorong menjadi Cawagub. "Tapi saya gak bisa sebut nama," katanya lalu meninggalkan wartawan. 

Kompas TV Gus Ipul Daftar Bakal Cagub Melalui Partai Golkar

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Probolinggo, Ahmad Faisol
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM