Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Truk yang Ugal-ugalan, Bus Sarat Penumpang Terjun ke Jurang

Kompas.com - 08/09/2017, 09:54 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya Semarang - Purwodadi masuk wilayah Desa Gubug, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (8/8/2017) pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Bus PO Laju Prima yang sarat penumpang terjun ke jurang dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Sebanyak 23 penumpang dari bus bernopol B 7071 IZ tersebut mengalami luka-luka. Beberapa di antaranya terpaksa harus dilarikan ke puskesmas terdekat untuk menjalani perawatan intensif.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, awalnya bus melaju dari arah Semarang menuju Purwodadi itu melaju dengan kecepatan sedang,  namun dari arah berlawanan datang truk pengangkut cabai dengan kecepatan tinggi dan memotong jalan.

"Truk melaju ugal-ugalan dan memasuki jalur berlawanan arah. Untuk menghindari adu banteng, saya banting stir ke sisi kiri hingga nyemplung ke jurang," kata sopir bus Po Laju Prima, Toni.

Baca juga: Monumen Sepeda Motor Bekas Kecelakaan Lalu Lintas Raib Dicuri Maling

Warga setempat, Didik Sudarmanto (35), mengatakan, saat itu warga berupaya mengejar truk berpelat Jawa Timur tersebut.  Menurut dia, selama ini rombongan truk cabai dari arah Jawa Timur menuju Jakarta itu acap kali berulah di jalan.

"Warga marah mau dibakar, tapi truk lolos melaju ke arah barat. Rombongan truk cabai pelat Jawa Timur selalu ugal-ugalan di Gubug dan membahayakan pengendara. Setahun ini sudah banyak korbannya," kata dia.

Arus lalu lintas di jalur padat kendaraan itu tersendat hingga berjam-jam. Para pengendara yang melintas tak jarang menghentikan lajunya untuk menyaksikan bus yang ringsek dengan posisi terguling.

Satuan Lantas Polres Grobogan pun diterjunkan untuk mengurai kesemrawutan arus lalu lintas. "Kasus ini masih dalam penyelidikan kami. Sopir bus kami amankan untuk dimintai keterangan. Tidak ada korban jiwa dan hanya luka ringan," kata Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Panji Gede Prabawa.

Kompas TV Kecelakaan di Malang, Polisi Tetapkan Sopir Truk Tersangka
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com