Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Antonius Mencari Kerbaunya yang Dicuri

Kompas.com - 06/09/2017, 20:53 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Antonius Sikas, warga Desa Tainsala, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), akhirnya berhasil menemukan seekor kerbau miliknya yang hilang dicuri orang.

Kerbau milik Antonius dicuri dan dijual kepada seorang warga Kelurahan Fatubanao A, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Kepala Bidang Humas Polda NTT, Kombes Jules Abraham Abast mengatakan, pelaku yang mencuri kerbau milik Antonius diketahui berinisial YH, warga Desa Unina, Kecamatan Biboki Moenleu, TTU.

Kejadian itu, lanjut Jules, bermula ketika Antonius yang sudah kehilangan kerbaunya selama beberapa hari berusaha mencari kemana-mana.

"Antonius pun mendapat informasi kalau kerbaunya itu telah dijual ke Atambua sehingga dia melapor ke Bhabinkamtibmas desanya dan juga di Atambua," kata Jules kepada Kompas.com, Rabu (6/9/2017) malam.

Baca juga: Abdi Dalem Jadi Tersangka Pencurian Mobil Permaisuri Keraton Solo

Antonius lalu mencari tahu keberadaan kerbau tersebut dan langsung menuju ke Atambua. Saat tiba di lokasi, kerbau miliknya sedang diikat di salah satu rumah warga di Kelurahan Fatubenao.

Antonius lalu meminta bantuan Bhabinkamtibmas Fatubenao Brigpol Antonius Manek Nesi dan warga sekitar untuk mengamankan kerbau tersebut. Sesudah itu, kata Jules, Antonius kembali ke Kabupaten TTU dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Insana.

"Setelah dilakukan penyelidikan, polisi akhirnya berhasil mengungkap pelaku YH yang mencuri satu ekor kerbau jantan merah milik Antonius. Kerbau tersebut dijual ke pembeli yang berdomisili di Fatubanao A, dengan harga Rp 11,5 juta," ungkapnya.

Baca juga: Polisi Gagalkan Upaya Pencurian 74 Ekor Sapi di Sumba Timur

Setelah anggota piket menerima laporan polisi, kapolsek Insana melaporkan kejadian tersebut ke Kasat Reskrim Polres TTU dan berkoordinasi dengan Unit Jatanras Polres Belu. Aparat kemudian bersama-sama mendatangi tempat kejadian dan mengamankan kerbau tersebut. Kerbau itu lalu dibawa ke Markas Polsek Insana.

"Kapolsek Insana bersama anggota meluncur ke rumah pelaku dan menangkapnya. Pelaku kemudian dibawa dan ditahan di Polsek Insana untuk diproses hukum," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com