Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR Minta Myanmar Berikan Jaminan Keamanan kepada Warga Rakhine

Kompas.com - 06/09/2017, 15:02 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) meminta kepada Pemerintah Myanmar untuk memulihkan kondisi keamanan di Rakhine.

Kondisi keamanan di wilayah ini menjadi perhatian dunia akibat adanya aksi kekerasan terhadap warga suku Rohingya.

Hal tersebut disampaikan Novanto dalam pidato pembukaan World Parliamentary Forum On Sustainable Development di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/9/2017).

"Kami meminta Pemerintah Myanmar untuk segera memulihkan stabilitas dan memberikan perlindungan keamanan secara inklusif kepada seluruh masyarakat di Rakhine, termasuk terhadap etnik Rohingya," kata Setnov.

Menurut Setnov, konflik dan aksi-aksi kekerasan yang terjadi di masyarakat dan berbagai kawasan dunia juga menjadi tantangan bersama.

Baca juga: Kapolda Jateng: Aksi Solidaritas Rohingya Bisa Digelar di Masjid Agung

Karena itu, selama dua hari, pimpinan parlemen dari seluruh dunia akan membahas dan merumuskan sejumpah persoalan global. Mulai dari pembangunan berkelanjutan sampai pembahasan masalah Rohingnya.

Setnov berharap, rumusan akhir dari kegiatan ini dapat menemukan solusi dan tindakan nyata bagi penyelesaian konflik Rohingnya.

"DPR mendorong pemerintah menyelesaikan masalah Rohingnya. Kami mengapresiasi langkah pemerintahan Jokowi-JK karena telah melakukan komunikasi aktif ke Pemerintah Myanmar," kata Setnov.

Kompas TV Pengungsi Rohingya Terjebak di Perbatasan Myanmar-Banglades
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com