Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jateng: Aksi Solidaritas Rohingya Bisa Digelar di Masjid Agung

Kompas.com - 06/09/2017, 08:09 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono meminta bawahannya untuk berkoordinasi dengan kepala daerah di Jateng guna menyiapkan saluran-saluran aspirasi solidaritas bela Rohingya. Menurut dia, kegiatan aksi solidaritas itu bisa dilakukan di masjid agung yang ada di tiap kota.

“Kami minta kapolres bersama bupati di 35 kabupaten untuk melakukan kegiatan di masjid agung masing-masing kabupaten dan kota, untuk akomodasi semua yang berempati,” kata Condro, Selasa (5/9/2017) malam.

Di masjid agung tiap kota, nantinya diadakan kegiatan yang positif mulai dari doa bersama, shalat berjamaah, hingga menggalang dana. “Sudah ada salurannya, tidak perlu ke Candi,” ucapnya.

Sementara itu terkait kunjungan wisatawan asing ke Candi Borobudur, pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan pengelola candi untuk mengantisipasi hal tersebut. “Kita berharap wisatawan asing, mancanegara akan didiskusikan dengan pihak pengelola, kami harap itu wisatawan asing tidak ada gangguan,” ujar mantan kakorlantas Mabes Polri ini.

Baca juga: Mahfud MD: Jangan Ada Kekerasan Saat Aksi Bela Rohingya

“(Candi) di situ menghidupi rakyat banyak, komunitas, homestay semua sangat berharap adanya objek wisata tersebut, untuk menarik wisatawan. Indonesia lagi mendorong peningkatan wisatawan, sehingga kontraproduktif jika empati untuk Muslim Rohingya dilakukan di situ,”  tambah dia.

 

Kompas TV Jadi Sasaran Kejahatan Rasial, Warga Rohingya Mengungsi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com