Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditampar Saat Latihan Dasar Kepemimpinan, Siswi SMP Ogah Sekolah dan Tak Mau Makan

Kompas.com - 04/09/2017, 12:09 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com - Seorang siswi SMP PGRI Cipanas diduga mengalami kekerasan saat mengikuti latihan dasar kepemimpinan sekolah pada Sabtu (26/8/2017) pekan lalu.

Kekerasan diduga dilakukan oleh pelajar lain atas instruksi seorang alumni saat siswa tersebut mengalami kesalahan saat baris berbaris.

NZ (13), pelajar kelas I yang baru masuk itu mengangguk saat ditanya apakah dirinya mengalami tamparan saat mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) tersebut.

Orangtua NZ, Maesaroh (52), mengatakan, anaknya tersebut sempat mengurung diri di kamar dan tak mau makan setelah pulang mengikuti LDKS.

Setelah ditelusuri dari beberapa anak tetangganya yang bersekolah di tempat yang sama, mereka juga mengindikasikan bahwa anaknya mengalami penamparan.

"Saya bujuk-bujuk akhirnya mau makan juga, saya sempat panik karena dia sempat mengurung diri di dalam kamar," kata warga Desa Sukatani, Kecamatan Pacet ini saat melapor kepada pihak sekolah beberapa waktu lalu.

YS (16), alumni SMP PGRI yang diduga menginsruksikan kepada pelajar lain untuk melakukan kekerasan, mengaku khilaf. YS datang ke acara LDKS tersebut atas inisiatif sendiri.

"Saya kebagian pemateri baris berbaris, saya hitung berapa kesalahan. Lalu saya suruh mereka berhadapan dan salim menampar antar siswa. Saya tidak menampar hanya menginstruksikan saja," kata YS.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan SMP PGRI, Asep Sulaeman, mengatakan bahwa kejadian tersebut tanpa sepengetahuannya.

Dia mengaku kaget dan baru tahu adanya kejadian setelah siswa kembali masuk ke sekolah.

"Setelah saya telusuri itu dilakukan alumni, kami sebenarnya juga tak mengundang alumni dalam kegiatan tersebut," katanya.

Asep mengatakan bahwa permasalahan ini sedang dicoba dimediasi pihak sekolah agar keluarga dari pihak yang terlibat dalam kejadian tersebut segera bertemu dan menyelesaikan permasalahan.

Dia mengaku akan membantu mendorong agar NZ agar kembali sehat mentalnya dan bersemangat kembali bersekolah.

Berita ini telah tayang di Tribun Jabar, Senin (4/9/2017), dengan judul: Siswa SMP di Cipanas Ditampar saat Latihan Kepemimpinan, Setelahnya Trauma Tak Mau Makan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com