Kekurangan BBM, Evakuasi Kapal Yora 03 Menuju Ambon Dihentikan - Kompas.com

Kekurangan BBM, Evakuasi Kapal Yora 03 Menuju Ambon Dihentikan

Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Kompas.com - 02/09/2017, 17:51 WIB
Peta pencarian kapal nelayan KM Yora 03 yang hilang di perairan Maluku sejak Jumat pekan lalu Foto BPBD MalukuKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty Peta pencarian kapal nelayan KM Yora 03 yang hilang di perairan Maluku sejak Jumat pekan lalu Foto BPBD Maluku

AMBON,KOMPAS.com - Proses evakuasi terhadap kapal nelayan KM Yora 03 yang ditemukan terombang ambing di perairan Kepulauan Sula, Maluku Utara setelah sempat hilang kontak untuk sementara dihentikan.

Penghentian sementara proses evakuasi terhadap kapal nelayan yang mengangkut 15 penumpang itu dilakukan karena kapal Nusantara Jaya yang menarik kapal nelayan tersebut kekurangan BBM di tengah perjalanan.

“Saat ini kapal penarik (KM Nusantara Jaya) tidak bisa melanjutkan penarikan kapal Yora 03 ke Ambon karena keterbatasan BBM,” kata Kepala Basarnas Ambon, Setiawan Gerda kepada Kompas.com, Sabtu (2/9/2017).

Dia menjelaskan, sesuai laporan yang diterima, kapal Yora 03 masih berlabuh di bagian selatan Pulau Obi, Maluku Utara.

Baca: 7 Hari Hilang, Kapal Nelayan Ditemukan di Perairan Maluku Utara

Menurutnya saat ini Basarnas bersama pihak terkait lainnya masih terus berkoordinasi untuk mencari solusi agar ada kapal yang bisa menjemput dan menarik kapal nelayan tersebut.

“Kita sedang mengupayakan agar ada kapal lain yang bisa menjemput dan melanjutkan penarikan kapal Yora 03 sek Ambon,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, kapal Yora 03 dinyatakan hilang kontak pada Jumat pekan lalu setelah bertolak dari Ambon menuju Seram Bagian Barat.

Kapal tersebut akhirnya ditemukan pada Jumat (1/9/2017) kemarin setelah pihaknya mengirim berita pelayaran (Mapel) melalui stasiun radio pantai dan memberitahukan posisi koordinat kapal tersebut kepada SAR Rescue Unit udara dari Bakamla.

Berita pelayaran melalui stasiun radio pantai itu juga dikirim ke Kapal Nusantara Jaya melalui SSB. Kapal inilah yang kemudian merespon informasi tersebut dan menarik kapal Yora 03 menuju Pulau Ambon, namun akhirnya gagal karena kekurangan BBM.

PenulisKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM