Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekurangan BBM, Evakuasi Kapal Yora 03 Menuju Ambon Dihentikan

Kompas.com - 02/09/2017, 17:51 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Proses evakuasi terhadap kapal nelayan KM Yora 03 yang ditemukan terombang ambing di perairan Kepulauan Sula, Maluku Utara setelah sempat hilang kontak untuk sementara dihentikan.

Penghentian sementara proses evakuasi terhadap kapal nelayan yang mengangkut 15 penumpang itu dilakukan karena kapal Nusantara Jaya yang menarik kapal nelayan tersebut kekurangan BBM di tengah perjalanan.

“Saat ini kapal penarik (KM Nusantara Jaya) tidak bisa melanjutkan penarikan kapal Yora 03 ke Ambon karena keterbatasan BBM,” kata Kepala Basarnas Ambon, Setiawan Gerda kepada Kompas.com, Sabtu (2/9/2017).

Dia menjelaskan, sesuai laporan yang diterima, kapal Yora 03 masih berlabuh di bagian selatan Pulau Obi, Maluku Utara.

Baca: 7 Hari Hilang, Kapal Nelayan Ditemukan di Perairan Maluku Utara

Menurutnya saat ini Basarnas bersama pihak terkait lainnya masih terus berkoordinasi untuk mencari solusi agar ada kapal yang bisa menjemput dan menarik kapal nelayan tersebut.

“Kita sedang mengupayakan agar ada kapal lain yang bisa menjemput dan melanjutkan penarikan kapal Yora 03 sek Ambon,” ungkapnya.

Sebagaimana diberitakan, kapal Yora 03 dinyatakan hilang kontak pada Jumat pekan lalu setelah bertolak dari Ambon menuju Seram Bagian Barat.

Kapal tersebut akhirnya ditemukan pada Jumat (1/9/2017) kemarin setelah pihaknya mengirim berita pelayaran (Mapel) melalui stasiun radio pantai dan memberitahukan posisi koordinat kapal tersebut kepada SAR Rescue Unit udara dari Bakamla.

Berita pelayaran melalui stasiun radio pantai itu juga dikirim ke Kapal Nusantara Jaya melalui SSB. Kapal inilah yang kemudian merespon informasi tersebut dan menarik kapal Yora 03 menuju Pulau Ambon, namun akhirnya gagal karena kekurangan BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com