Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Masukan soal Cagub Jatim, PDI-P "Sowan" ke Kiai Senior NU

Kompas.com - 01/09/2017, 20:48 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) belum memilih calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada Jatim 2018.

Awal September 2017, partai berlambang banteng moncong putih ini masih akan mendatangi atau "sowan" kepada para kiai senior atau kiai sepuh Nahdatul Ulama (NU) di Jatim untuk meminta pertimbangan tentang figur yang pas sebagai cagub Jatim pengganti Soekarwo.

"Wakil Sekjen PDI-P Ahmad Basarah diutus ketua umum untuk berkonsultasi dengan para kiai sepuh Nahdatul Ulama awal bulan ini," kata Sekjen PDIP Hasto Kristanto di Surabaya, Jumat (1/8/2017).

Menurut Hasto, PDI-P perlu mendengar masukan para ulama NU tentang figur calon gubernur Jatim karena ada sejarah politik yang kuat antara kedua lembaga itu. "Sehingga harus intens berkomunikasi," ucap dia. 

(Baca juga: PBNU Nyatakan Netral dalam Pilgub Jatim)

Hasto belum menyebut kapan PDI-P akan mendeklarasikan cagub Jatim yang akan diusung.

Namun, menurut dia, pada 10 September nanti, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan turun langsung ke Jawa Timur untuk memimpin konsolidasi jelang Pilkada Jatim 2018.

Sejumlah nama tokoh NU tercatat masuk bursa cagub dan cawagub Jatim untuk Pilkada 2018. Di posisi cagub, ada nama Saifullah Yusuf (Wagub Jatim) dan Khofifah Indar Parawansah (Menteri Sosial).

Sementara itu, di posisi cawagub, ada nama Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) dan Hasan Aminudin (anggota Fraksi Nasdem DPR RI).

(Baca juga: Khofifah Masih Tunggu Restu Jokowi dan Kiai untuk Maju Pilgub Jatim)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com