Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sumbang Sapi Seberat 1 Ton untuk Warga Kupang

Kompas.com - 01/09/2017, 15:55 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang seekor sapi berbobot satu ton kepada warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sumbangan sapi berukuran jumbo itu diserahkan Wakil Gubernur NTT Benny Alexander Litelnoni kepada pengurus Masjid Al Fattah Kelurahan Solor Kecamatan Kota Lama Kota Kupang, Haji Idrus Lamaya, di halaman Masjid Al Fattah, Kupang, Jumat (1/9/2017).

Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni mengatakan, sumbangan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah merupakan bentuk rasa syukur atas hari yang bersejarah dan hari kemenangan bagi umat Muslim sehingga pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memberikan apresiasi serta dukungan kepada Muslim yang merayakannya.

“Sapi berukuran besar ini dikirim oleh Pak Jokowi dari Bandung, Jawa Barat khusus untuk warga Kota Kupang dan lebih khususnya Masjid Al Fattah,” kata Litelnoni yang disambut tepuk tangan umat Muslim yang hadir.

(Baca juga: Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal Disebut Paling Berat)

Pemerintah provinsi NTT, kata Litelnoni, memberikan apresiasi atas kebersamaan dan solidaritas yang tinggi dalam menciptakan keamanan serta ketertiban masyarakat demi suksesnya pembangunan di daerah itu.

"Kiranya lewat sumbangan ini jangan dilihat dari besar kecilnya tetapi merupakan suatu bentuk partisipasi yang memiliki makna untuk senantiasa tetap menjaga persatuan dan kesatuan di antara kita," kata dia.

Imam Masjid Al Fattah, H Idrus Lamaya, mengatakan bahwa pihak masjid berterima kasih atas sumbangan sapi dari Presiden, Gubernur, serta Wakil Gubernur NTT.

"Atas nama umat, kami sampaikan banyak terima kasih atas sumbangan hewan kurban semoga yang maha kuasa memberikan pahala setimpalnya," ujar Imam Idrus.

Adapun hewan kurban yang disembelih di 60 masjid di Kota Kupang pada Idul Adha tahun ini mencapai 490 ekor sapi dan 1.425 ekor kambing.

Sumbangan hewan kurban terbanyak berasal dari kelompok Kerukunan Sosial Keluarga Jawa yang menyumbang 44 ekor sapi dan 34 ekor kambing.

Disusul Yayasan Ibadurachman Kupang dengan sumbangan 36 ekor sapi dan 35 ekor kambing, serta dari Nurul Hidayah Kelapa Lima yang menyembelih 26 ekor sapi dan 39 ekor kambing.

Pemeriksaan hewan kurban 

Terkait pemotongan hewan kurban di 60 masjid di Kota Kupang ini, puluhan dokter hewan dan calon dokter hewan dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang memeriksa kesehatan hewan yang akan dikurbankan.

Rektor Undana Kupang Fredrik L Benu mengatakan, pihaknya sudah melepas sekitar 50 dokter hewan, calon dokter hewan, serta mahasiswa kedokteran hewan ke 60 masjid.

Menurut Fredrik, hal itu sebagai bentuk kepedulian dari Undana yang berpartisipasi aktif dalam perayaan Idul Adha tahun ini. Selain itu, pihak Undana menyerahkan bantuan hewan kurban ke sejumlah masjid.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com