Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Kiai: Azwar Anas Cawagub Potensial di Pilkada Jatim 2018

Kompas.com - 31/08/2017, 17:40 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Hasil riset lembaga yang melakukan survei preferensi kiai dalam Pilkada Jatim 2018 menyebut nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai cawagub potensial Jatim.

Nama mantan politisi senayan itu meraup skor tertinggi dengan perolehan 27,9 persen, mengungguli sejumlah nama yang muncul seperti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan 21,3 persen, politisi Nasdem Hasan Aminudin dengan 9,8 persen, dan Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar dengan perolehan 14,8 persen.

Pertimbangan memilih figur kata Direktur Polltrend Education and Research, Khoirul Yahya, berdasarkan survei atas pertimbangan 3 hal. Pertimbangan tertinggi karena kualitas calon sebesar 16,3 persen, ketokohan 15 persen, dan program yang ditawarkan 14,4 persen.

"Prosentase sisanya karena fatwa organisasi keagamaan, putra daerah, hingga ikut pilihan sesepuh," katanya, Kamis (31/8/2017).

Baca juga: Survei Polltrend: Gus Ipul Cagub Jatim Favorit Kiai

Survei yang dirilis Rabu (30/8/2017) tersebut, memotret 61 kiai yang tersebar di empat wilayah kultur di Jatim yakni Pendalungan, Arek, Madura, dan Mataraman. Ke-61 kiai tersebut dipilih melalui FGD, dan dikategorisasi menurut pengertian Profesor Riset LIPI, Endang Turmudi.

Menurut Endang Turmudi, ada 4 tipologi kiai di Jatim yakni kiai panggung, kiai pesantren, kiai politik, dan kiai tarekat.

Responden kiai dipilih karena figur kiai di Jatim masih menjadi referensi politik dan sumber opini bagi masyarakat Jatim yang merupakan basis pesantren.

”Sekitar 70 persen masyarakat Jatim terafiliasi atau merasa dirinya warga NU. Jadi penting untuk mengetahui sikap para kiai sebagai pembentuk opini warga,” ujarnya.

Selain Abdullah Azwar Anas, nama-nama yang mengemuka sebagai cawagub Jatim di Pilkada tahun depan antara lain, bupati Ngawi Budi Sulistyono, Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi, dan birokrat Provinsi Jatim Nurwiyatno.

Kompas TV Gus Ipul pun unggul atas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com