Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idul Adha, Harga Daging Sapi di Poso Tembus Rp 120.000 per Kg

Kompas.com - 31/08/2017, 14:33 WIB
Mansur

Penulis

POSO KOMPAS.com - Sehari menjelang hari raya Idul Adha 1438 hijriah yang jatuh pada Jumat (1/9/2017), harga daging di kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, tembus di angka Rp 120.000 perkilogram.

Kenaikan ini disebabkan beberapa faktor. Mulai dari tingginya kebutuhan konsumen hingga minimnya stok sapi lokal. Akibatnya, Poso mendatangkan sapi dari luar Poso yakni Tojo Una, Morowali, dan Kabupaten Parigi Moutong untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Di hari biasa, kebutuhan daging sapi yang ia jual hanya dua ekor sapi. Namun menjelang Idul Adha naik dua kali lipat menjadi empat ekor, ujar salah satu pedagang, Usman di Poso, Kamis (31/8/2017).

Dari pantauan Kompas.com, harga daging sapi di Pasar Sentral Tradisional Bersih Sintuwu Maroso Poso mencapai Rp 120.000 perkilogramnya. Harga tersebut naik Rp 10.000 dari sebelumnya Rp 110.000 per kilogram.

(Baca juga: Hari Meugang Sambut Idul Adha, Harga Daging Sapi Melonjak)

Usman (50) mengatakan, kenaikan harga ini sudah berlangsung selama sepekan menjelang Idul Adha. Harga tersebut diperkirakan akan bertahan hingga dua hari setelah hari raya.

Selain harga daging sapi, harga daging ayam khusus broiler di pasaran juga naik. Sebelumnya, harga daging ayam hanya Rp 30.000 namun kini menjadi Rp 40.000 per kg.

Kenaikan ini dinilai biasa terjadi menjelang hari besar karena jumlah pasokan tidak sebanding dengan kebutuhan konsumen. 

Kompas TV Jelang Lebaran, Daging Sapi Tetap Jagoan Harga Tinggi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com