Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipijat dan Diberi Jamu, Berat Sapi Asal Merapi Ini Capai 1,25 Ton

Kompas.com - 30/08/2017, 06:44 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang peternak, Nur Waluyo, asal Dusun Gowok, Desa Polengan, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, kembali berhasil memelihara sapi sampai berukuran jumbo.

Tidak hanya satu, Nur memelihara dua ekor sapi jenis Simental dan Brahma. Sapi jenis Simental, yang diberi nama Gatotkaca itu memiliki berat 1,25 ton. Sedangkan jenis Brahma diberi nama Seno mempunyai berat sekitar 1,1 ton.

Nur menceritakan, awalnya dia membeli Gatotkaca saat usia 4 tahun dengan berat 600 kilogram. Saat itu harga Gatotkaca masih Rp 26,5 juta. Adapun Si Seno, ia beli masih berusia 3 tahun dengan berat 500 kilogram. Nur membeli Seno seharga Rp 26 juta.

Nur yang juga petani sayur organik itu tidak pernah main-main memelihara sapi. Ia merawat sapi selayaknya anak sendiri, memberinya makan makanan bernutrisi tinggi, memijat, hingga memberi jamu tradisional.

"Makanannya rumput, bekatul, ketela, konsentrat, polar (ampas gandum), juga buah-buahan. Hampir semua bahan saya ramu sendiri. Setiap pagi dan sore mereka juga minum jamu dari herbal," kata Nur, Selasa (29/8/2017).

Baca juga: Sapi Simental yang Dulu Kurus Kini Capai 1 Ton, Harganya Rp 130 Juta

Tidak sampai di situ, dua sapi warna kecokelatan itu juga mendapat fasilitas pijat dari Nur sendiri. Seperti manusia, pijat bermanfaat menjaga ketahanan tubuh, melancarkan peredaran darah dan tentu menghilangkan capek.

"Itu menjadi bagian pemeliharaan sapi supaya tetap sehat. Sapi tidak boleh dibiarkan lelah dan stres. Mereka harus rileks, makan tepat waktu. Secara berkala dipijat dan mandi air garam," paparnya.

Hasil perawatan Nur tidak sia-sia. Dua sapinya tumbuh dengan sangat baik. Berat badan Gatotkaca mencapai 1,25 ton dan ditawarkan dengan harga Rp 75 juta. Begitu juga dengan Seno yang mempunyai berat 1,1 ton akan dijual Rp 55 juta.

Baca juga: Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban 800 Kilogram untuk Maluku

Kompas TV Sapi ini menjuarai lelang dan dibeli pada angka Rp 125 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com