Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai dan Kebakaran Landa Gunung Lawu, Jalur Pendakian Ditutup

Kompas.com - 29/08/2017, 19:36 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MAGETAN, KOMPAS.com - Mulai hari ini, jalur pendakian Gunung Lawu lewat Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur ditutup sementara menyusul badai dan kebakaran yang melanda gunung tersebut.

"Terhitung hari ini untuk sementara jalur pendakian Gunung Lawu lewat Cemoro Sewu kami tutup. Penutupan jalur pendakian lantaran badai dan kebakaran di jalur pendakian antara pos dua hingga pos empat," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, Selasa ( 29/8/2017).

Ia mengatakan, laporan dari petugas dan relawan menyebutkan, badai yang melanda pos empat dan pos lima terjadi sejak Senin (28/8/2017) malam. Akibat badai itu, warung makan yang berada di pos empat dan lima rusak.

Tak hanya itu, selain badai, kebakaran terjadi di antara pos dua hingga tiga tepatnya lima kilometer dari jalur pendakian.

(Baca juga: Kebakaran di Jalur Pendakian Rinjani Diduga Bukan karena Faktor Alam)

 

Fery menjelaskan, penutupan pendakian Gunung Lawu dilakukan sampai kondisi jalur pendakian aman dilalui pendaki dari ancaman kebakaran dan badai.

Penutupan jalur pendakian dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diingingkan menimpa para pendaki.

"Penutupan tadi kami lakukan bersama Perhutani dan Paguyuban Giri Lawu untuk mengantisipasi sejak dini bagi para pendaki. Penutupan juga dilakukan agar peristiwa tahun 2015 tidak terjadi lagi," ujar Fery.

Terkait kebakaran yang melanda Gunung Lawu, tim gabungan membuat ilaran api agar kobaran api tak meluas ke wilayah lain.

Kompas TV Satgas & TNI Terus Perkecil Sebaran Lahan Terbakar di Riau
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com