Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Karung Beras untuk Warga Miskin Raib Digasak Maling

Kompas.com - 29/08/2017, 14:00 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Kantor Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dibobol maling, Senin (28/8/2017) dini hari.

Gara-gara aksi tersebut, beras sejahtera yang belum sempat dibagikan untuk warga miskin raib.

Peristiwa tersebut disadari pertama kali oleh penjaga malam kantor desa setempat, Widi, saat akan membersihkan kantor, Senin pagi.

Ketika sampai di kantor desa, Widi mendapati pintu samping aula sudah terbuka. Padahal pintu tersebut hanya dapat dibuka dari dalam.

"Saat penjaga malam datang, pintunya sudah terbuka. Sementara pintu itu hanya bisa dibuka dari dalam dan pintu lainnya masih terkunci," kata Kepala Desa Sumberejo, Tri Rahardjo saat ditemui, Senin.

(Baca juga: Gula Darah Tinggi, Pria Ini Adukan Produsen Beras yang Dikonsumsinya)

Dugaan pencurian semakin menguat lantaran jendela samping yang baru dibuat sudah terbuka. Ada bekas congkelan pada kusen jendela.

Menurut Tri, akibat peristiwa pencurian itu, 25 sak beras sejahtera yang ditumpuk di dalam ruang aula hilang. Beras-beras tersebut belum sempat diambil warga yang terdaftar dalam daftar Rumah Tangga Sasaran (RTS).

"Rastra diterima desa Kamis (24/8) lalu, kemudian dibagikan pada Jumat (25/8), tapi masih ada warga yang belum ambil, sehingga disimpan dulu di aula," ungkapnya.

Selain rastra, satu set audio speaker senilai Rp 2 juta juga diangkut oleh pencuri. Setelah dilaporkan, petugas dari Polsek Kota Klaten segera melakukan olah tempat kejadian (TKP).

Hasil penyelidikan sementara, pelaku diduga masuk melalui jendela baru yang belum dilengkapi teralis dan keluar melalui pintu samping. Hal tersebut diketahui lantaran tidak ada bekas kerusakan pada pintu samping.

Kapolsek Kota Klaten, AKP Suyadi mengatakan aksi pencurian ini diduga dilakukan secara berkelompok. Pasalnya banyak beras yang diangkut.

"Satu sak berisi 15 kilogram beras, kalau sendiri pasti membutuhkan waktu yang lama," ungkapnya.

"Padahal keterangan dari penjaga malam, kantor dijaga sampai pukul 00.00, jadi kemungkinan dilakukan dini hari setelah penjaga malam pergi," tambahnya kemudian.

Muncul dugaan pula, pelaku menggunakan kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil curiannya.

Dari keterangan penjaga malam, sebelum kejadian, ada kendaraan yang mencurigakan terparkir di timur lapangan Sumberejo yang agak jauh dari lokasi kejadian.

"Awalnya tidak terlalu curiga karena lapangan sering digunakan latihan setir mobil, sehingga tidak menyadari," ujarnya.

 

Berita ini telah tayang di Tribun Solo, Selasa (29/8/2017), dengan judul: 25 Karung Beras untuk Warga Miskin di Klaten Raib Digasak Maling

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com