Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban 800 Kilogram untuk Maluku

Kompas.com - 29/08/2017, 11:43 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Said Assagaff menyerahkan bantuan satu ekor sapi dari Presiden Joko Widodo kepada Masjid Raya Al Fatah Ambon.

Bantuan hewan kurban dari Presiden Jokowi itu diterima oleh Imam Masjid Raya Al Fatah, Ustaz RR Hasanussi di pelataran masjid, Selasa (29/8/2017) pagi.

Baca juga: Saeman Bangga Sapinya Dibeli Presiden Jokowi Seharga Rp 60 Juta

Sapi dari Presiden Jokowi yang diserahkan ke Masjid Al Fatah itu seberat 800 kilogram. Bantuan sapi tersebut untuk dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

"Presiden berpesan, sapi miliknya dipotong di Masjid Raya Al Fatah Ambon dan dagingnya dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya," ujar Assagaff menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan yang sama, Said Assagaff juga menyerahkan dua ekor sapi miliknya, dengan berat 750 kilogram dan 500 kilogram, termasuk penyerahan hewan kurban berupa sapi dan kambing dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku berjumlah 40 ekor sapi dan 85 ekor kambing.

Gubernur Assagaff menyerahkan dua ekor sapi bantuannya kepada Ketua Yayasan Masjid Raya Al Fatah Ambon, Rusdi Sangadji. Sedangkan sapi dan kambing bantuan dari Pemprov Maluku diserahkan kepada perwakilan warga penerima bantuan hewan kurban itu.

Assagaff juga meminta hewan kurban bantuannya itu dapat diserahkan kepada warga yang berhak menerimanya, yakni fakir miskin, para janda dan kaum duafa.

Baca juga: Sapinya Dibeli Presiden Jokowi, Saeman Tingkatkan Pengamanan Kandang

Dari dua ekor hewan kurban bantuan gubernur itu, satu di antaranya diserahkan ke Masjid Raya Al Fatah Ambon dan satu ekor lagi diserahkan ke Masjid Waihaong Ambon.

Sedangkan sapi dan kambing dari Pemprov Maluku dibagikan ke desa dan masjid di wilayah Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah untuk dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha.

Kompas TV Kenaikan harga hewan kurban terutama sapi di Pasar Patok, Lumajang, Jawa Timur, terjadi sejak sebulan terakhir.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com