Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Wali Kota Magelang Makan Nasi Kotak Bareng Pasukan Oranye

Kompas.com - 28/08/2017, 18:19 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito tiba-tiba mengajak makan bersama puluhan petugas kebersihan yang baru saja usai membersihkan kawasan Alun-alun Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (28/8/2017).

Sigit datang membawa puluhan nasi kotak yang kemudian dibagikan kepada pasukan oranye itu. Sigit pun tak segan ikut makan nasi kotak bersama mereka di bawah pohon beringin di tengah-tengah lapangan Alun-alun.

Orang nomor satu di Kota Magelang itu duduk bersantai didampingi Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Sekretaris Daerah (Sekda) Sugiharto, Asissten II Setda, dan sejumlah kepala dinas setempat.

"Saya memang sengaja, pengin sarapan dengan mereka," ujarnya.

Sigit menemui para petugas kebersihan itu setelah dirinya meninjau kawasan Pecinan (Jalan Pemuda), bekas gedung bioskop Kresna dan shelter Pedagang Kaki Lima (PKL).

Lokasi-lokasi tersebut menjadi perhatiannya menjelang penyelenggaraan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dipusatkan di Kota Sejuta Bunga ini, 8-9 September 2017 mendatang.

 

Baca juga: Clift Sangra, Mantan Suami Suzanna Nyalon Wakil Bupati Magelang

Dia menyempatkan menyapa dan berbincang dengan para PKL, pemilik usaha di Pecinan, tak terkecuali para petugas kebersihan. "Saya mengajak mereka untuk ikut berpartisipasi, mendukung penyelenggaraan Haornas. Ini juga untuk pembangunan kota tercinta kita, semua komponen masyarakat harus terlibat," tuturnya.

Terlebih, jantung Kota Magelang itu baru saja menjadi pusat penyelenggaraan karnaval pembangunan dalam rangka HUT ke-72 Kemerdekaan RI. Kegiatan yang digelar Sabtu (26/8/2017) itu menyisakan puluhan meter kubik sampah.

Dia ingin memastikan kawasan ini telah bersih dan rapi seperti sedia kala.

“Saya ingin memastikan kawasan ini sudah bersih kembali dan siap untuk mendukung penyelenggaraan Haornas September mendatang,” kata Sigit.

Sigit menyebutkan, penunjukan Kota Magelang sebagai tuan rumah Haornas merupakan sebuah kehormatan, apalagi rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir dalam kompetisi olahraga antardaerah di Indonesia itu.

Selain memastikan kebersihan, Sigit juga mengecek fasilitas-fasilitas yang ada di sana, seperti alat penyeberangan (pelicon crossing), kran air di shelter PKL, dan sebagainya.

Kompas TV Kali ini, giliran warga Ibu Kota Jakarta yang berkesempatan mengayuh sepeda bersama Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com