Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nurul Arifin Maju Pilwakot Bandung, Golkar-Hanura Intens Komunikasi

Kompas.com - 27/08/2017, 16:28 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan sejumlah partai politik terkait pencalonan Ketua DPP Partai Golkar Nurul Arifin sebagai calon Wali Kota Bandung. Komunikasi paling intens dilakukan dengan Partai Hanura.

"Akan kita coba lihat partai-partai yang ada. Hanura yang efektif komunikasi," ujar Idrus di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (27/8/2017).

Idrus mengatakan, komunikasi politik juga dibangun dengan partai lain, seperti PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan. Namun, hingga saat ini belum ada finalisasi untuk koalisi.

Ia memperkirakan bulan September sudahn diketahui siapa calon yang akan dampingi Nurul dalam Pilwakot nanti. "Kita harap pada awal September ada finalisasi tentang pencalonan Nurul dengan beberapa partai yang bersama-sama berkoalisi," kata Idrus.

Baca juga: Nurul Arifin Ingin Teruskan yang Dikerjakan Ridwan Kamil di Bandung

Sebelumnya, Nurul mengatakan bahwa dirinya masih mencari figur yang tepat untuk mendampinginya pada Pilkada Kota Bandung. Nurul mengaku bersyukur karena hasil survei lembaga nasional yang menjadi rujukan Golkar, ia menempati peringkat tiga besar.

"Ke depannya mudah-mudahan kami tinggal menentukan dengan siapa kami akan berkoalisi, kemudian menentukan dengan siapa wakilnya. Karena saya tidak maju untuk wakil, tetapi maju untuk menjadi wali kota," kata Nurul.

Nurul mengatakan, jika digabung dengan Hanura, jumlah suaranya sudah cukup untuk mengusung pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota. Adapun di DPRD Kota Bandung, keduanya sama-sama memiliki enam kursi. Sedangkan jumlah minimal kursi adalah 10 kursi.

"Jadi kami 12 kursi. Sudah cukup untuk maju di pilwakot," kata Nurul.

Kompas TV Nurul Arifin Kaget Setya Novanto Ditetapkan Tersangka
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com