Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Naik Mobil Hias dan Pimpin Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Kompas.com - 26/08/2017, 06:22 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana akan memimpin arak-arakan Karnaval Kemerdekaan 'Pesona Parahyangan' di Bandung, Sabtu (26/8/2017) siang.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, Jokowi akan memimpin pawai karnaval dengan mengendarai mobil hias rancangan seniman Tisna Sanjaya.

"Besok itu beliau habis pembukaan memimpin arak-arakan berhenti di Taman Vanda dan di situ ada panggung kemudian beliau menyaksikan peserta karnaval. Beliau ikut di depan pakai mobil hias sambil menyapa warga sepanjang jalan," kata Teten, Jumat (25/8/2017) malam.

(baca: Ini Alasan Bandung Dipilih Jadi Tuan Rumah Karnaval Kemerdekaan)

Untuk busana, Teten memastikan orang nomor satu di Indonesia itu akan mengenakan pakaian adat sunda. Pihak istana telah menyiapkan empat warna berbeda untuk dipilih Jokowi.

"Beliau tentu ingin berpakaian adat sunda, tradisi sunda. Setelah dibuatkan rancangannya, lalu beliau menyetujui. Pakaiannya hasil perancang di Bandung, pakaian Presiden adalah kreasi dari pakaian sunda, beskap sunda," ujar Teten.

Karnaval tersebut sempat mengalami perubahan jadwal. Dari rencana pukul 08.00 WIB, digeser menjadi pukul 14.00 WIB.

Teten mengungkapkan, pergeseran jadwal itu dilakukan agar jumlah masyarakat yang hadir bisa lebih maksimal jika acara digelar sore hari.

"Kemarin ada pertimbangan animo masyarakat supaya bisa lebih banyak disaksikan masyarakat. Maka pilihan waktunya dipindah jam 14.00 sampai 17.00 WIB. Tapi nanti pada saat shalat Ashar tentu berhenti dulu," ucap Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com