Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabur dari Lapas Kerobokan, 2 Napi Asing Dipindah ke Nusakambangan

Kompas.com - 25/08/2017, 11:19 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, Denpasar, Bali memindahkan 10 narapidana ke Lapas Kelas I, Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (25/8/2017) dini hari.

Dua di antaranya adalah warga negara asing yang sempat kabur dari Lapas Kerobokan. Mereka adalah Dimitar Nikolev warga Negara Bulgaria dan Sayed M Said.

"Mereka sudah dipindahkan ke Nusa Kambangan tadi pagi," kata Kalapas Kerobokan, Tony Nainggolan, Jumat (25/8/2017) siang.

Tony menjelaskan, ada sejumlah pertimbangan mengapa 10 napi ini dipindahkan. Selain kondisi lapas yang kelebihan kapasitas, pemindahan dilakukan dalam rangka pembinaan.

(Baca juga: Dua Napi Nusakambangan Kabur, Petugas Lapas Terancam Sanksi)

 

Khusus dua WN asing, memang tidak lepas dari aksi nekat mereka kabur dari lapas Kerobokan. "Alasan pemindahan termasuk itu, sekarang lapas Kerobokan over capasity sampai 300 persen," kata Nainggolan.

Selain Dimitar dan Nikolev, ada 3 WN asing lain yang turut dipindahkan yaitu Jose William Ortiz, Chang Cheng Weng, dan Bahman Mirzae.

Tony Nainggolan mengatakan, proses pemindahan akan terus dilakukan sesuai dengan kondisi yang berkembang. "Pemindahan akan terus dilakukan, lihat kondisinya nanti," tutur Nainggolan. 

Kompas TV Penjara Guyana luluh lantak sehari pasca kerusuhan yang terjadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com