Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamatkan Tali Bendera, Serda Suyono Dapat Hadiah Motor

Kompas.com - 24/08/2017, 22:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Aksi heroik Serda Suyono menyelamatkan tali bendera yang lepas saat upacara HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2017 lalu mendapat apresiasi dari pimpinan TNI Angkatan Darat.

Anggota Koramil 02 Kaliori Kodim 0720 Rembang tersebut, Kamis (24/8/2017) siang, diterima oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono di ruang kerjanya di Mabes TNI AD Cilangkap, Jakarta, untuk menerima piagam perhargaan serta hadiah berupa sepeda motor.

"Penghargaan ini atas dasar kecepatan, keberanian dan kebenaran yang dilakukan Serda Suyono saat upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang," kata Kasad Jenderal TNI Mulyono, seperti dikutip dari siaran pers Pendam IV Diponegoro, Kamis malam.

Baca juga: Bendera Indonesia Dicetak Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017

Selain kepada Serda Suyono, penghargaan yang sama juga diterima oleh Serka Darwis, prajurit TNI Korem 143/HO Kendari. Anggota Babinsa Lalusua ini setiap hari bertaruh nyawa untuk membantu anak-anak sekolah menyeberangi derasnya sungai selebar 60 meter di Kolaka Utara.

Aksi heroik Serda Suyono bermula saat digelar upacara peringatan HUT ke-72 RI tingkat Kecamatan Kaliori Rembang, Kamis 17 Agustus 2017 lalu. Awalnya semua berjalan lancar hingga petugas pengibar bendera mendekat ke arah tiang.

Saat akan membentangkan bendera merah putih, cincin kait bagian atas yang sudah dikaitkan ke ujung bendera malah terlepas dan tertarik ke atas hingga naik beberapa meter. Praktis bendera merah putih tidak dapat dikibarkan.

Melihat kejadian itu, Serda Suyono yang berada tak jauh dari tiang langsung bertindak cepat memanjat tiang bendera untuk meraih tali yang terlepas. Berkat kesigapan Serda Suyono tersebut, upacara pengibaran bendera yang sempat tertunda itu pun kembali dilanjutkan sampai tuntas dan khidmat.

Baca juga: Kisah Pengibar Bendera dengan Mata Tertutup untuk Ungkapkan Protes

Ternyata aksi Serda Suyono menyelamatkan tali bendera tersebut sempat diabadikan oleh salah seorang peserta upacara, dan videonya diunggah ke media massa. Banyak warganet memuji aksi tersebut dan memberikan apresiasi atas tindakan cekatan Suyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com