Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Beri Penghargaan kepada Tiga Menteri Kabinet Jokowi 

Kompas.com - 24/08/2017, 16:25 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) menganugerahi penghargaan Ganesa Prajamanggaala Baktiutama kepada tiga menteri.

Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Sekretris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

Pemberian penghargaan tersebut dalam rangka peringatan 97 tahun Pendidikan Tinggi Indonesia (PTI) di aula barat Kampus ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (24/8/2017).

Baca juga: Viral Video Oknum Polisi Pungli, Kapolda Kalsel Bakal Beri Penghargaan Perekam

Rektor ITB Kadarsyah Suryadi mengatakan, Ganesa Prajamanggaala Baktiutama adalah penghargaan yang diberikan kepada pejabat pemerintah yang telah menunjukkaan jasa dan pengabdian yang menonjol atau luar biasa selama menjabat. 

"Pak Basuki beliau seorang menteri yang mengawal program pembangunan yang sangat besar seperti pembangunan infrastruktur, jalan raya, jalan tol, jembatan, bendungan dan lain-lain. Ini suatu amanat yang beliau pikul dan menjalaninya dengan sangat seksama. Banyak hasil yang sudah dihasilkan dalam rangka membangun negeri ini untuk mendukung program nawacita Pak Jokowi," kata Kadarsyah, Kamis siang.

Untuk Menteri Arief Yahya, Kadarsyah menilai penghargaan pantas diberikan karena alumni ITB ini memiliki rencana untuk meningkatkan pendapatan negara dari sektor pariwisata. 

"Beliau sudah punya planning bagaimana pendapatan PDB negara ditingkatkan dari sektor pariwisata yang tadinya kita hanya mengandalkan pada migas dan produk-produk komoditi pertanian dan pertambangan, sekarang ada terobosan yang beliau tempuh bagaimana income negara ditingkatkan dari program pariwisata," ungkapnya.

Alumni ITB lainnya, Seskab Pramono Anung, diberikan penghargaan karena dianggap telah berhasil mengintegrasikan berbagai kementerian. 

"Beliau mengintegrasikan semua kementerian untuk melakukan berbagai macam reformasi yang sangat-sangat besar bebannya, dan alhamdulillah kita dari kampus mengamati semuanya,"kata Kadarsyah.

Menurutnya, Pramono berhasil mengintegrasikan semua program lintas kementerian untuk mendukung program presiden. Dia berhasil mereformasi berbagai macam regulasi dan birokrasi, menyatukan semua visi dan pandangan kementerian untuk membantu presiden.

Baca juga: Viral Video Oknum Polisi Pungli, Kapolda Kalsel Bakal Beri Penghargaan Perekam

Di tempat yang sama, Pramono Anung mengapresiasi penghargaan Ganesa Prajamanggaala Baktiutama yang diberikan kepadanya. 

"Terus terang penghargaan yang diberikan kepada ITB kepada saya pribadi menimbulkan banyak memori panjang yang pada waktu saya aktivis mahasiswa, pernah jadi ketua himpunan, jadi ketua dewan mahasiswa ITB. Memang kondisinya waktu itu berbeda dari sekarang dan saya memberikan terima kasih apresiasi dan juga mudah-mudahan bisa memicu bekerja lebih baik," tandasnya.

Kompas TV Arti Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Bank Dunia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com