Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval Kemerdekaan, Sabtu Ini Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

Kompas.com - 24/08/2017, 15:26 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Karnaval Kemerdekaan 2017 akan dihelat di Kota Bandung, Sabtu (26/8/2017). Sejumlah ruas jalan protokol di Kota Kembang bakal ditutup sari pukul 08.00-12.00 WIB.

Rute yang akan dilewati karnaval dimulai dari halaman depan Gedung Sate menuju Jl. Ir. H. Juanda, lalu menuju ke Jalan Merdeka, Jalan Tamblong, Lengkong, Jalan Asia Afrika, dan berakhir di Alun-alun Bandung. Sebuah panggung akan dibangun di Taman Vanda, tepat di halaman Gedung Bank Indonesia.

"Rute pasti ditutup tidak ada lalu lintas di situ semua clear semua hanya manusia dan iring-iringan karnaval, " ucap Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, di Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (24/8/27).

Pemerintah Kota Bandung terus bersiap menggelar event nasional tahunan tersebut. Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku jika waktu persiapan cukup mepet.

"Persiapan teknis terus dilakukan karena waktunya mepet. Tapi karena orang Bandung sudah terbiasa dengan sistem kebut semalam. Setiap hari, per hari ini semua sudah bergerak mempersiapkan sehingga kegiatan festival ini bisa berlangsung dengan ramai dan nyaman," ucapnya.

Baca juga: Bandung Tuan Rumah Karnaval Kemerdekaan, Jokowi Dijadwalkan Hadir

Emil mengatakan, festival kali ini akan mengusung tema kota, pegunungan, dan budaya untuk melengkapi dua event sebelumnya yang membawa tema hutan (Pontianak 2015) dan Danau Toba (2016).

"Perbedaan di Bandung dan daerah lain kalau di Pontianak kan temanya tentang hutan, kalau di Danau Toba tentang air. Kalau di Bandung temanya tentang kota dan pegunungan jadi budaya-budaya yang relevan dengan kota dan pegunungan itu menjadi pelengkap konteks tematik hutan dan tematik air," sebutnya.

Kompas TV Ratusan model memamerkan sejumlah desain batik terbaru di Jalan Bhayangkara, Solo, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com