Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agum Gumelar: Kalau Malaysia Sudah Minta Maaf, Ya Sudah Lah..

Kompas.com - 23/08/2017, 15:20 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah dan bangsa Indonesia diminta menerima permintaan maaf pemerintah Malaysia atas insiden terbaliknya bendera Indonesia yang tercetak di buku cendera mata pembukaan SEA Games 2017.

"Kalau Malaysia sudah meminta maaf secara resmi, ya sudah lah, diterima saja," kata Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, saat mengukuhkan pengurus Ikatan Keluarga Alumni (Ikal) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) di Surabaya, Rabu (23/8/2017).

Insiden seperti yang terjadi di SEA Games 2017 kata dia, tidak patut dibesar-besarkan, apalagi sampai mengganggu hubungan diplomatik dan hubungan lainnya.

"Kan bukunya juga sudah ditarik, masa sampai mau perang," ucapnya.

Jika masalah tersebut harus diselesaikan secara hukum, kata Agum, biar pemerintah Malaysia yang menyelesaikan, pemerintah Indonesia tidak berhak ikut campur.

Baca juga: Bendera Terbalik, AHY Sebut Bertetangga dengan Malaysia Itu Takdir

Seperti diberitakan, Pemerintah Malaysia akhirnya mengucapkan permintaan maaf secara langsung kepada rakyat Indonesia di hadapan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi atas insiden terbaliknya bendera Indonesia yang tercetak di buku cendera mata pada pembukaan SEA Games 2017.

Permintaan maaf itu disampaikan melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairy Jamaluddin, seusai melakukan pertemuan dengan Menpora di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Minggu (20/8/2017). 

Kompas TV Panitia Sea Games Minta Maaf Soal Bendera Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com