Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes, Mahasiswa di Aceh Barat Bakar Bendera Malaysia

Kompas.com - 22/08/2017, 21:18 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Puluhan Mahasiswa di Kabupaten Aceh Barat melakukan aksi unjuk rasa sebagai bentuk protes terhadap Malaysia yang diduga sengaja mencetak bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017.

Unjuk rasa dilakukan di ruas Jalan Gajah Mada, tepatnya di depan kantor bupati Aceh Barat.

“Aksi ini sebagai bentuk kekecewaan kami terhadap Negara Malaysia yang mencetak bendera Indonesia terbalik di dalam buku panduan SEA Games 2017,” kata Rizwan, kordinator aksi kepada wartawan, Selasa (22/8/17).

Baca juga: Presiden Jokowi Maafkan Malaysia soal Bendera Merah Putih Terbalik

Pantauan Kompas.com, saat aksi demonstrasi berlangsung, puluhan mahasiswa yang mengusung sejumlah spanduk dan poster kecaman terhadap Malaysia sempat memblokade ruas jalan Gajah Mada.

Hal itu dilakukan untuk mengajak pengendara berpartisipasi melakukan aksi membela negara kesatuan RI.

“Kami minta maaf kepada pengguna jalan karena telah mengganggu perjalanan Anda. Mohon bersabar sejenak dan mari kita lakukan aksi membela negara, karena bendera kita telah dilecehkan oleh Malaysia,” teriak orator aksi kepada pengguna jalan.

Baca juga: "Panas Dingin" Hubungan Indonesia-Malaysia, Mau Sampai Kapan?

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Bela Pendidikan (Sombep) di Aceh Barat itu juga ikut membakar dua lembar bendera Malaysia yang sebelumnya sengaja ditenteng terbalik sebagai bentuk kecaman terhadap pelecahan lambang Negara Republik Indonesia. Sambil membakar duplikat bendera Malaysia, pengunjuk rasa menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kompas TV Panitia Sea Games Minta Maaf Soal Bendera Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com