Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Koalisi Lima Partai Belum Mau Gandeng Nasdem dan Ridwan Kamil

Kompas.com - 22/08/2017, 11:16 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Lima partai yakni Partai Demokrat (PD), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Hanura sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Jawa Barat 2018.

Kesepakatan terjalin setelah masing-masing ketua partai di level Jawa Barat mengadakan rapat khusus di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Senin (21/8/2017) malam. 

Partai-partai di dalam koalisi ini sering disebut menjalin kedekatan dengan Partai Nasdem yang secara terang-terangan mengusung Ridwan Kamil sebagai balon gubernur Jabar. Namun ternyata, tidak ada keterlibatan Partai Nasdem dalam koalisi tersebut. 

Ketua DPW PPP Jawa Barat Ade Munawaroh mengatakan, koalisi memang sengaja tidak mengundang Partai Nasdem dalam rapat Senin malam. Alasannya, masing-masing partai hingga kini sepakat membentuk kerja sama tanpa menyebut nama calon yang akan diusung. 

(Baca juga:  Tanpa Nasdem, 5 Parpol Ini Sepakat Berkoalisi di Pilkada Jabar)

 

"Karena memang komunikasi ini kan beliau (Nasdem) sudah punya calon baru berkomunikasi. Sementara kami di balik, komunikasi dulu baru punya calon. Kita anggap masing-masing ini kita yang sama. Kita komunikasi dulu baru tentukan calon?," kata Ade, Selasa (22/8/2017).

Ade menjelaskan, Partai Nasdem dan Ridwan Kamil memiliki kekurangan dalam etika komunikasi politik antar partai. Menurut dia, seharusnya partai politik tidak didikte oleh calon pemimpin.

"Jadi kita kan juga sama-sama tidak melihat besar atau kecilnya partai. Tapi kami partai, kami yang seharusnya banyak berbuat untuk menjadi parpol yang baik. Jadi kita buat kendaraannya dulu. Mudah-mudahan jadi kendaraan besar lalu kita cari penumpang. Bukan penumpang yang nunjuk begitu saja kendaraannya," bebernya.

Ade menambahkan, koalisi bakal lebih sering mengadakan pertemuan untuk selanjutnya membahas tokoh-tokoh terutama dari kader partai yang pantas diusung dalam Pilkada Jawa Barat 2018. 

"Karena ini pertemuan pertama, jadi kita sepakat belum memunculkan nama, besok atau lusa barangkali ada," ucapnya.  

(Baca juga: Ridwan Kamil Akan Tetap Berkomunikasi dengan PDI-P Bahas Pilkada Jabar)

Meski demikian, Ade mengatakan, tiga nama besar yakni Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi masih menjadi bahan pertimbangan serius koalisi untuk diberikan dukungan.  

"Yang tiga itu menjadi pertimbangan kami. Tapi adapun dari partai-partai lain bisa jadi pertimbangan. Tapi kita realistis semua, ketika ada calon yang bakal menang kita usung sama-sama," tandasnya. 

Kompas TV Survei Elektabilitas Jelang Pilkada Jabar 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com