Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Serentak, PDI-P Bakal Mati-matian Pertahankan 5 Daerah di Jatim

Kompas.com - 21/08/2017, 15:25 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jatim menargetkan menang di 12 daerah pada pilkada serentak tahun depan. Dari 12 daerah tersebut, terdapat lima daerah yang diberikan perhatian khusus. Kelima daerah tersebut adalah kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Magetan.

Ketua PDI-P Jatim Kusnadi mengatakan, lima daerah tersebut bukan sekadar basis PDI-P di Jatim, karena sudah sudah bertahun-tahun PDI-P selalu menang di daerah-daerah tersebut.

"Kami akan mati-matian mempertahankannya. Bodoh saya kalau sampai lepas," ucapnya, Senin (21/8/2017).

Di lima daerah itu kata Kusnadi, PDI-P selalu bisa mengusung pasangan calon tanpa koalisi dan selalu menang. "Perolehan kursi kita di 5 daerah itu selalu banyak dan bisa usung pasangan calon sendiri," ujarnya.

Baca juga: Khofifah: Dukungan Parpol Lebih dari Cukup untuk Maju Pilkada Jatim

Tahun depan, selain Pilkada Jatim, pilkada serentak juga digelar di 17 daerah yakni, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Bojonegoro, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Bondowoso, Madiun, Nganjuk, Tulungagung, Jombang, Magetan, Lumajang, dan Probolinggo.

Pada pemilu legisatif 2014 , PDI-P di Jatim menjadi pemenang kedua di bawah PKB dengan perolehan kursi di DPRD Jatim sebanyak 19 kursi. Sementara PKB dengan 20 kursi.

Kompas TV Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam waktu dekat akan menghadap Presiden Joko Widodo, untuk menyatakan niatnya maju di Pilkada Jatim 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com