Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Kenapa Anak-anak Hafal Lagu Bojoku Galak?

Kompas.com - 21/08/2017, 14:43 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bawahannya menyiapkan langkah taktis agar anak-anak tidak "dewasa" sebelum waktunya.  Hal ini salah satu upaya menjadikan Jateng sebagai provinsi yang layak anak.

"Bagaimana mencegah anak untuk tidak berlaku pada sikap yang tidak selayaknya, misal pornografi, media sosial berlebihan, agar mereka mengajar menghormati antar teman, agar tidak mem-bully yang lain," kata Ganjar, seusai lokakarya pembiayaan perlindungan anak di Semarang, Senin (21/8/2017).

Dalam hal yang sepele, kata dia, anak-anak saat ini justru terbiasa dengan lagu-lagu anak orang dewasa. Mereka bahkan lupa dengan lagu anak kecil. Ganjar menyinggung pertemuannya dengan anak kecil di Kota Semarang saat Minggu (20/8/2017) kemarin.

Kala itu, seorang anak itu mendekat dan meminta swafoto dengannya. Seusai berfoto, anak itu kemudian menyanyikan sebuah lagu. Ganjar terheran karena lagu yang dinyanyikan lagu dangdut "Bojo Galak".

"Dia nyanyi lagu Bojo Galak. Kenapa anak pilih lagu, hafal lagu bojoku galak? Karena anak enggak pernah tahu lagu anak-anak," ucap dia.

Baca juga: Golkar Jateng Komentari Langkah Ganjar Temui DPP Golkar

Oleh karenanya, Ganjar meminta agar bawahannya menyiapkan layanan pembiayaan untuk perlindungan terhadap anak. Pemda diharapkan berinvestasi agar kasus pencegahan kekerasan terhadap anak bisa ditanggulangi.

"Jateng mau dijadikan provinsi pilot layak anak, maka kita sebagai provinsi menyiapkan anggaran, program, sistem agar layanan anak dapat tercapai," ujarnya.

Kompas TV Balai Pengawas TKI Jateng Sidak Tempat Pemberangkatan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com