Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelegak Nasionalisme dalam Kreasi Mural di Solo pada Hari Kemerdekaan

Kompas.com - 19/08/2017, 13:16 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Berbagai seni jalanan atau street art mewarnai perayaan kemerdekaan Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah. Sejumah seniman bersama-sama menghias tembok sepanjang 30 meter di salah satu sudut Kota Solo.

Karya seni lukis tembok menjadi daya tarik bagi warga Kota Solo dalam peringatan kemerdekaan ke-72 RI.

Salah satu seniman kawakan Indonesia, Sardono W Kusuma menjelaskan, ide menghias tembok tersebut berawal dari keinginan kaum muda di Kota Solo untuk memaknai nasionalisme melalui sebuah karya lukis.

Diskusi panjang dilalui bersama para seniman muda di Solo, hingga akhirnya muncul keinginan untuk mengangkat street art di salah satu tembok di kawasan perempatan Nonongan, Kecamatan Serenga, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Kami berdiskusi panjang, mulai dari kenapa harus mural dan apa yang akan diangkat. Kami dan anak anak muda Kota Solo menyebutnya street art yang menjadi gelegak nasionalisme," kata Sardono, Jumat (18/8/2017).

Sardono menjelaskan bahwa proses melukis tersebut direncanakan selesai dalam 10 hari. Hingga saat ini, penggarapannya masih dilakukan oleh sejumlah seniman.

Sejumlah lukisan tokoh kemerdekaan dan slogan pada zaman perjuangan tak luput tertoreh, semisal slogan "Indonesia Never Again the Life Blood of Any Nation" yang pernah tertulis di tembok di Kota Jakarta usai Proklamasi.

(Baca juga: Warga Kampung di Makassar Upacara HUT RI di Sungai)

Selain itu juga terlihat lukisan dua proklamator, Soekarno-Mohammad Hatta. Lukisan kedua tokoh tersebut tampak sedang berorasi di depan ribuan masyarakat.

Adapun salah satu lukisan yang menjadi daya tarik warga adalah sosok Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com