Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Makna Kemerdekaan bagi Muhaimin Iskandar...

Kompas.com - 19/08/2017, 06:41 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengatakan, makna kemerdekaan yang sesungguhnya itu ada tiga.

Makna kemerdekaan menurut dia yaitu berdaulat secara politik, berdaulat secara ekonomi dan memiliki warga masyarakat yang berkarakter.

"Inilah tiga hal yang menjadi agenda mendesak agar kemerdekaan itu sempurna," ujar Muhaimin Iskandar usai melakukan peletakan batu pertama secara simbolis pembangunan Pondok Pesantren Darunna'im di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (18/8/2017) malam.

Pria yang disapa Cak Imin ini menambahkan, merdeka juga berarti tidak boleh ada satu pun warga Indonesia yang miskin dan menderita karena kekurangan.

Menurut dia, itulah salah kemajuan dan kemerdekaan yang harus bisa diwujudkan dalam usia negara yang memasuki 72 tahun ini.

"Insya Allah, dalam waktu Indonesia emas pada 2045 nanti kita akan mencapai lebih baik lagi," ujar Cak Imin.

Ia menilai, pencapaian yang dihadapi bangsa Indonesia pada saat ini tentu saja masih banyak kekurangan yang harus ditutupi dan dibenahi, serta didukung. Salah satunya adalah bangaimana menumbuhkan ekonomi rakyat.

"Usaha kecil dan menengah yang harus terus ditumbuhkan, kemakmuran dan kesejahteraan, tingkat kualitas dan pendidikan ini juga masih belum," ucapnya.

(Baca juga: Muhaimin: Manuver Terkait Pilpres Akan Ganggu Konsentrasi Pemerintah)

Cak Imin bersama sejumlah kader PKB melakukan kunjungan sekaligus bersilaturahmi dengan para santri di Pondok Pesantren Darunna'im yang terletak di Jalan Ampera, Pontianak.

Selain bersilaturahmi, Cak Imin juga melaksanakan peletakan batu pertama secara simbolis pembangunan bagian depan lingkungan pondok pesantren.

Kompas TV PKB Pastikan Usung Saifullah Yusuf Pilgub Jatim 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com