Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Pangdam Bukit Barisan Daftar Cagub Jatim via Partai Golkar

Kompas.com - 18/08/2017, 15:36 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Mayjen Purnawirawan TNI Istu Hari Subagio mendaftar sebagai cagub Jatim melalui Partai Golkar, Jumat (18/8/2017).

Mantan Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan itu mengaku ingin melanjutkan pengabdian kepada negara melalui jalur politik. Dihantar sejumlah pendukungnya, mantan staf khusus Panglima TNI itu mengambil formulir di kantor DPD Partai Golkar Jatim di Jalan Ahmad Yani Surabaya.

"Saya sudah pensiun dari TNI awal tahun lalu, tapi saya ingin tetap mengabdi kepada bangsa lewat jalur politik," katanya kepada wartawan.

Baca juga: PDI-P Tetap Buka Peluang untuk Usung Risma pada Pilkada Jatim

Lulusan akademi militer angkatan 1983 itu mengaku tidak asing dengan budaya Jawa Timur, karena dia pernah diangkat menjadi pimpinan daerah militer di Surabaya.

"Saya paham betul kultur budaya di Jatim, dan insya Allah tahu apa yang diinginkan warga Jatim," jelas pria kelahiran Nganjuk, Jawa Timur, ini.

Selain pernah menjabat Pangdam I Bukit Barisan 2013-2014, Istu tercatat pernah menjabat Gubernur Akmil 2012-2013.

Per April 2017, dia mulai terjun ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Golkar Jatim sebagai wakil ketua bidang pemenangan pemilu.

Baca juga: Gus Ipul atau Khofifah, Siapa yang Dipilih PDI-P pada Pilkada Jatim?

Hingga hari ini, sejumlah tokoh yang sudah mendaftar cagub atau cawagub ke Partai Golkar untuk berlaga di Pilkada Jatim 2018 adalah Saifullah Yusuf, Syafiin, Nurwiyatno, dan Istu Hari Subagyo.

Kompas TV Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam waktu dekat akan menghadap Presiden Joko Widodo, untuk menyatakan niatnya maju di Pilkada Jatim 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com