Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjalan Tiga Kilometer, Anak-anak Punguti Sampah di Jalan Trans Papua

Kompas.com - 16/08/2017, 12:49 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

PAPUA, KOMPAS.com - Menanamkan jiwa nasionalisme sekaligus mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat, itulah yang diharapkan dari kegiatan jalan sehat yang digelar oleh Satgas Pamtas Yonif 405 Surya Kusuma di Kabupaten Boven Digoel, daerah tapal batas Indonesia-Papua Nugini, Selasa (15/8/2017) kemarin.

Jalan sehat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia ini sengaja dikemas berbeda. Sambil berjalan, peserta memunguti sampah. Warga yang didominasi anak-anak ini cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Meskipun mereka harus panas-panasan, anak-anak terlihat riang gembira.

Mereka berjalan sejauh tiga kilometer di Distrik Mindiptana, Kabupaten Boven Digoel, tepatnya di Jalan Trans Papua, Mindiptana-Waropko. Sambil berjalan, mata mereka awas melihat sekelilingnya. Jika ada sampah, mereka langsung mengambilnya dan memasukannya ke kantong plastik yang sudah disediakan oleh panitia.

Sesampai di tempat finish, kantong-kantong plastik yang terisi sampah tersebut lantas ditukarkan dengan berbagai hadiah yang telah disiapkan oleh Satgas Yonif 405/Surya Kusuma.

"Kegiatan ini banyak sekali manfaatnya, masyarakat menjadi termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan serta dapat menumbuhkan kesadaran untuk tidak lagi membuang sampah disembarang tempat," ungkap William, Tokoh Pemuda Kampung Osso, dikuti dari siapan pers Penerangan Kodam IV Diponegoro, Rabu (16/8/2017).

Baca juga: Kisah Tentara Ajarkan Al Quran kepada Anak-anak Muslim di Perbatasan Papua-PNG

Sementara itu Komandan Satgas Yonif 405/Surya Kusuma, Letkol Inf Diantoro menuturkan, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT ke 72 Republik Indonesia. Pihaknya ingin agar kegiatan peringatan HUT RI ini mempunyai nilai tambah bagi masyarakat di Boven Digoel, dalam hal ini peningkatan dalam perilaku hidup bersih dan sehat.

"Kegiatan jalan sehat sambil memungut sampah ini memberikan pesan moral kepada masyarakat perbatasan RI-PNG untuk selalu berperilaku hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan," kata Diantoro.

Sebelumnya, masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Kemerdekaan Republik Indonesia, ibu-ibu di Kabupaten Boven Digoel serentak menggelar acara menjahit 17 buah bendera merah putih ukuran 180x120 centimeter, Minggu (13/8/2017).

Acara yang diinisiasi oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 405/Surya Kusuma ini digelar di empat distrik, yakni Distrik Mindiptana, Waropko, Ninatie dan Kombut. 

Kompas TV Ekspedisi NKRI Untuk Mengenal Kekayaan Alam di Indonesia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com