Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Nusantara: Pelukan Damai Habib dan Pastor, Mewahnya Rumah Bos First Travel hingga Susi Pesan Menteri Jangan Dibohongi

Kompas.com - 16/08/2017, 10:40 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung akhirnya mengabulkan permintaan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) dari saksi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam sidang kesembilan perkara dugaan pelanggaran UU ITE dengan terdakwa Buni Yani yang digelar di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung, Selasa (15/8/2017).

BAP dibacakan karena Ahok tidak dapat sebagai saksi dalam persidangan Buni Yani.

Sementara itu, kehangatan menyeruak ketika Habib Lutfi dan Pastor Budi berpelukan di sela tausiyah kebangsaan dalam rangka mempeingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Bundaran Tugu Muda, Semarang, Senin (14/8/2017) malam.

Hangatnya hubungan kedua pemimpin agama ini terlihat sejak awal berjumpa dalam acara ini. Saat Habib Lutfi tiba di Wisma Perdamaian, sebutan untuk rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Pastor Budi menyambutnya dengan pelukan.

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Ketika Seorang Pastor Memeluk Habib...

Kodam IV/Diponegoro menggelar tausiyah kebangsaan dalam rangka mempeingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Bundaran Tugu Muda, Semarang, Senin (14/8/2017) malam.

Tak kurang dari 20.000 warga dari Kota Semarang dan daerah sekitarnya di Jawa Tengah hadir dalam acara ini.

Tausiyah kebangsaan dengan tema “Indonesia Kerja Bersama” ini dipandu oleh Mustasyar PBNU Habib Lutfi Bin Yahya dari Pekalongan. Hadir juga Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono serta para tokoh agama dan pejabat lainnya.

Baca selengkapnya: Ketika Seorang Pastor Memeluk Habib...
Baca juga: Saat Saksofon Pastor Iringi Habib Menyanyi Lagu Cinta Tanah Air


2. Majelis Hakim Akhirnya Kabulkan BAP Ahok Dibacakan di Sidang Buni Yani

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung, M Saptono, akhirnya mengabulkan permintaan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) dari saksi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam sidang kesembilan perkara dugaan pelanggaran UU ITE dengan terdakwa Buni Yani yang digelar di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung, Jalan Seram, Kota Bandung, Selasa (15/8/2017).

Dibacakannya BAP Ahok itu merupakan buntut dari ketidakhadirannya sebagai saksi dalam persidangan Buni Yani.

Menurut keterangan tim JPU, Ahok tak bisa menghadiri sidang lantaran tidak mendapatkan izin dari Lapas Cipinang serta beberapa kendala lainnya. JPU mengaku telah mengirimkan tiga kali surat panggilan untuk Ahok.

Baca selengkapnya: Majelis Hakim Akhirnya Kabulkan BAP Ahok Dibacakan di Sidang Buni Yani
Baca juga: Dalam BAP, Ahok Mengaku Ada Orang yang Ingin Membunuhnya


3. Menteri Susi: Saat Ini Menterinya Sudah Pintar, Jangan Dibohongi

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti meluncurkan program Kredit Ultra Mikro (KUM) untuk sektor perikanan di Cilacap, Jawa Tengah, Senin (14/8/2017).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com