Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eliaes, Penyandang "Low Vision" Ingin Bertemu Tulus dan Sammy Simorangkir

Kompas.com - 15/08/2017, 09:01 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Eliaes Tanggan (27) memiliki talenta dalam hal bernyanyi. Kondisinya sebagai penyandang low vision, yaitu menurunnya fungsi penglihatan seseorang secara permanen dan tidak dapat diperbaiki dengan bantuan kacamata atau alat bantu optik standar, tidak menghalangi semangatnya mencetak prestasi.

Dia mengaku, sudah beberapa kali menjuarai perlombaan bernyanyi di Kalimantan Barat.

"Saya pernah menjadi juara satu vokal solo dan Duta Bintang Radio di Sintang, Kalimantan Barat," kata Eliaes, Sabtu (12/8/2017).

Sejak kecil, pria asal Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, itu mengaku sudah senang bernyanyi dan mendengarkan musik.

Ketika ditanya penyanyi favoritnya, Eliaes menyebut nama Tulus dan Sammy Simorangkir.

"Kalau Tulus atau Sammy Simorangkir ketemu saya, saya pasti sangat senang sekali," tutur Eliaes.

(Baca juga: Eliaes, Penyandang Low Vision Bersuara Emas yang Ubah Ejekan Jadi Motivasi)

Sejak Januari 2017, Eliaes tiba di Kota Bandung dan mengikuti pelatihan di Wyata Guna, Jalan Padjadjaran, Bandung. Di tempat ini, Eliaes mengikuti pelatihan keterampilan seperti membaca huruf braille dan terapis pijat netra.

Karena status sebagai penyandang low vision, di usia remajanya, Eliaes kerap mendapatkan ejekan dari lingkungan bermainnya.

Sejak umur 17 hingga 20 tahun, Eliaes sempat berkecil hati saat disepelekan dan mendapat ejekan. Namun, karena motivasi dari keluarga, ejekan tersebut berubah menjadi semangat baginya.

Eliaes bercerita, sewaktu di SMA, temannya berpesan bahwa kekurangan yang dimiliki Eliaes merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh teman-temannya.

"Saya juga sering memotivasi diri saya sendiri. Bagiku, Tuhan tidak pernah menciptakan yang sia-sia, tetap ikhlas, berdoa, bersabar dan berusaha," katanya menyemangati teman-teman yang memiliki keterbatasan serupa dirinya.

(Baca juga: Sepatu Buatan Tris Bantu Penyandang Tunanetra Berjalan Tanpa Halangan)

Saat Eliaes bernyanyi bersama grup band-nya The Lulo, hadirin dalam acara penyerahan beasiswa Syamsi Dhufa Foundation (SDF) di Bandung, Sabtu, terpukau.

Puluhan tamu di acara tersebut memberikan apresiasi melalui tepuk tangan saat dia mulai maupun sesudah bernyanyi.


Berita ini telah tayang di Tribun Jabar, Senin (14/8/2017), dengan judul: Penyandang Low Vision Bersuara Emas Ini Mampu Mengubah Ejekan Jadi Motivasi Baginya

 

 

Kompas TV Semangat Penyandang Disabilitas untuk Bersekolah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com