Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tak Masalah Dipasangkan dengan Aceng Fikri

Kompas.com - 14/08/2017, 17:59 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Hingga kini, calon pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jabar belum terungkap. Namun beberapa tokoh menyatakan siap mendampingi Ridwan Kamil, seperti Wali Kota Bogor Bima Arya, dan Ketua DPW Partai Hanura Aceng Fikri

Menanggapi hal itu, Ridwan mengaku tak akan menolak jika dipasangkan dengan mantan bupati Garut tersebut.

"Saya pada dasarnya tidak menolak siapapun (calon wakil) karena posisi pasangan itu ditentukan oleh koalisi. Kalau Hanura bisa meyakinkan PPP atau PKB bahwa kader Hanura-nya yang jadi (calon wakil) dan mereka tidak keberatan kan gak masalah," ujar Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (14/8/2017).

Namun, pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, untuk saat ini dukungan politik untuk maju bersama Aceng Fikri belum mencukupi. Saat ini Emil baru didukung oleh Partai Nasdem. Jika berkoalisi, Partai Hanura dan Nasdem baru mengoleksi enam kursi.

(Baca juga: Aceng Fikri Siap Dampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar)

"Masalahnya kan Hanura gabung dengan Nasdem kan baru 8 (kursi) jadi belum genap. Kalau di iya-kan ternyata gak sampai, kan malu. Intinya saya tidak mempermasalahkan (dipasangkan dengan Aceng Fikri), " jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPW Hanura Jawa Barat, Aceng Fikri mengaku siap menjadi pendamping Ridwan Kamil sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat.

"Ya (akan maju di Pilkada Jabar), kita lagi nunggu Kang Emil," jawab Aceng lewat pesan WhatsApp saat ditanya keinginannya maju ke Pilkada Jabar, Rabu (9/08/2017) pagi.

Kendati siap maju ke Pilkada Jabar, namun Aceng menyatakan masih menunggu restu dari Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang. "Mudah-mudahan direstui ketua umum," katanya berharap. 

Kompas TV Dedy Mizwar Deklarasi Maju Pilgub Jabar Seusai Lebaran
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com