Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangki Tabung BBM Bocor, Mobil Fiat Ludes Terbakar di Madiun

Kompas.com - 14/08/2017, 14:36 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Mobil Fiat milik Mulyo Heri Pranowo, warga Jalan Kucur, RT 027/ RW 009, Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, ludes terbakar di ruas Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Senin (14/8/2017).

Diduga, api berasal dari tangki tabung bahan bakar minyak yang bocor mengenai knalpot yang baru dilas.

"Jarak antara kebocoran tangki bahan bakar dengan pipa knalpot yang saya las sekitar 10 cm. Mungkin karena masih panas terkena tetesan bahan bakar yang bocor, kemudian mobil lalu terbakar," ujar Prayitno (42), pemilik bengkel las yang mengelas knalpot mobil milik Mulyo, Senin (14/8/2017).

Baca juga: Kecelakaan Maut Sebabkan Mobil Terbakar, 5 Orang Tewas

Prayitno menyatakan, nyala api yang muncul dari rembesan tangki bahan bakar minyak itu membesar hingga membakar mobil Mulyo. Karena waswas api menjalar ke bengkel dan bangunan di sampingya, Prayitno bersama karyawannya langsung mendorong mobil hingga melintang menutup ruas Jalan Soekarno-Hatta Kota Madiun.

Terbakarnya mobil yang melintang di tengah ruas jalan membuat arus lalu lintas di ruas Jalan Soekarno-Hatta macet. Dua lajur Jalan Soekarno-Hatta ditutup sementara untuk kepentingan pemadaman. Arus lalu lintas baru mulai dibuka setelah mobil pemadam kebakaran Pemkot Madiun berhasil memadamkan api yang meludeskan mobil milik Mulyo.

Sementara itu, pemilik mobil, Mulyo Heri Pranowo menuturkan, sebelum kejadian itu, ia sengaja datang ke bengkel las memperbaiki knalpot mobilnya yang patah. Namun, usai knalpot mobilnya dilas tiba-tiba muncul percikan api dari bawah mobil hingga membakar kendaraannya.

"Knalpot mobil saya patah sejak kemarin. Jadi saya bawa ke sini untuk untuk mengelas knalpot itu. Namun usai dilas, tiba-tiba percikan api muncul dari bawah mobil hingga akhirnya membakar mobil saya," kata Mulyo.

Baca juga: Ditabrak Kereta Api, Mobil Terbakar, 4 Orang Tewas

Akibat kebakaran itu, Mulyo mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 30 juta. Mobil bersama isi dan STNK yang tersimpan di laci dashboard ludes terbakar hingga menyisakan blok mesin, kerangka dan velg.

Mulyo dan Prayitno sudah sepakat menyelesaikan persoalan itu secara kekeluargaan.

Kompas TV Mobil Terbakar, Arus Lalu Lintas Grogol Macet
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com