Gaura Mancacarita, Pria Australia di Balik Mendunianya Tari Saman - Kompas.com

Gaura Mancacarita, Pria Australia di Balik Mendunianya Tari Saman

Kontributor Takengon, Iwan Bahagia
Kompas.com - 14/08/2017, 08:30 WIB
Ribuan penari tampil pada geladi resik pagelaran tari tradisional Saman massal di Stadion Seribu Bukit, Blang Kejeren, Gayo Lues, Aceh, Sabtu (12/8/2017). Pagelaran Tari Saman itu memecahkan rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia ( MURI) dengan jumlah penari terbanyak di dunia, yakni 12.262 orang yang berasal dari berbagai komponen masyarakat.AFP PHOTO/CHAIDEER MAHYUDDIN Ribuan penari tampil pada geladi resik pagelaran tari tradisional Saman massal di Stadion Seribu Bukit, Blang Kejeren, Gayo Lues, Aceh, Sabtu (12/8/2017). Pagelaran Tari Saman itu memecahkan rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia ( MURI) dengan jumlah penari terbanyak di dunia, yakni 12.262 orang yang berasal dari berbagai komponen masyarakat.

BLANGKEJERAN, KOMPAS.com - Tari Saman yang berasal dari Kabupaten Gayo Lues, Aceh, adalah salah satu seni tradisi yang sudah ada berabad-abad yang lalu.

Tari Saman dikenal seantero dunia, setelah diakui UNESCO sejak 2011 lalu sebagai warisan budaya tak benda milik dunia yang wajib dilestarikan dan dipertahankan keberadaannya.

Pada 24 September 2011, Tari Saman berhasil memukau ribuan penonton yang memadati Stadion Seribu Bukit, Gayo Lues, saat rekor MURI dipecahkan oleh 5054 penari.

Berselang 7 tahun kemudian, tepatnya Minggu 13 Agustus 2017, tari saman kembali menarik perhatian puluhan ribu penonton dari daerah itu, maupun dari berbagai penjuru Indonesia.

Namun siapa sangka, di balik mendunianya Tari Saman Gayo, ada campur tangan seorang pria asal Australia. Pria itu berlinang air mata saat melihat 12.262 penari tampil di tengah-tengah Stadion Seribu Bukit.

Adalah Gaura Mancacarita, sosok yang mempunyai peran penting dalam melejitnya nama Saman Gayo hingga masuk buku UNESCO, sebuah organisasi yang didirikan PBB untuk mendukung perdamaian, dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.

"Beliau adalah salah satu tim peneliti Tari Saman, ketika Saman masuk ke dalam UNESCO, sekarang menjadi salah seorang Staff Ahli Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI," kata Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin, Minggu (13/8/2017).

Baca juga: Jelang Tari Saman Massal, Hotel di Gayo Lues Penuh

Gaura Mancacarita, di tengah-tengah para penari SamanKOMPAS.com/IWAN BAHAGIA Gaura Mancacarita, di tengah-tengah para penari Saman
"Sehingga sangat wajar kalau kita mengundang ke Gayo Lues, untuk menyaksikan apa yang dilihatnya dulu. Dan komentarnya kali ini sangat bagus, katanya, buah yang kita tanam 7,5 tahun yang lalu, sekarang sudah jadi pohon yang besar. Dia bilang itu saat melihat saman 10001 tadi," lanjutnya.

Menurut Syafrudin, Gaura merupakan sosok yang tidak asing bagi Pemerintah Gayo Lues, sehingga kerja sama yang dilakukan berjalan dengan baik. "Beliau selalu support kita, walaupun hanya dalam bentuk moril. Dan dia tadi cukup terharu dan menangis ketika melihat Tari Saman Massal 10001 Penari," ucapnya.

Selama meneliti Tari Saman di Gayo Lues pada 2010 sebut dia, Gaura hampir satu bulan berada di daerah berjuluk Kota Seribu Bukit tersebut.

"Kalau enggak salah saat itu dia datang pada bulan September dia datang ke Gayo Lues, Tari Saman baru disahkan pada 24 November 2011, ya hampir setahun," ujar Syafrudin.

Gaura Mancacarita sendiri yang sudah 40 tahun hidup di Indonesia, meskipun masih berstatus kewarganeraan Australia. Pria ini diketahui aktif dalam gerakan budaya berbagai daerah di Indonesia.

Selain menjadi staf ahli Puan Maharani di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Gaura juga pernah menjadi Staff Ahli Wakil Menteri Pendidikan di era Anies Baswedan.

Kompas TV Kolaborasi Tari Kecak dengan Tari Saman digelar dalam satu pentas saat pembukaan Balai Budaya Gianyar, Bali.

PenulisKontributor Takengon, Iwan Bahagia
EditorErlangga Djumena

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM