Pingsan Saat Lomba Gerak Jalan, 16 Siswa Dilarikan ke Rumah Sakit - Kompas.com

Pingsan Saat Lomba Gerak Jalan, 16 Siswa Dilarikan ke Rumah Sakit

Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
Kompas.com - 12/08/2017, 22:23 WIB
Belasan siswa jatuh pigsan saat mengikuti lomba gerak jalan indah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Sabtu (12/8/2017).Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty Belasan siswa jatuh pigsan saat mengikuti lomba gerak jalan indah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Sabtu (12/8/2017).

AMBON, KOMPAS.com -Belasan siswa dilarikan ke rumah sakit setelah jatuh pingsan saat mengikuti lomba gerak jalan indah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Sabtu (12/8/2017).

Para pelajar yang umumnya siswa SD dan SMP ini jatuh pingsan setelah mereka tiba di garis finish tepatnya di dekat rumah dinas Wakil Ketua DPRD Seram Bagian Timur. Para siswa yang pingsan itu kemudian diangkat oleh petugas kesehatan untuk diberi pertolongan.

Salah seorang panitia lomba, Sudir Rumanama mengaku peserta yang pingsan dalam lomba tersebut berjmlah 16 orang siswa. Sebagian dari mereka terpaksa dilarikan ke RSUD Bula untuk menjalani perawatan medis sednagkan sisanya yang siuman langsung dipulangkan.

“Ada 16 siswa yang pingsan, tapi petugas medis dan para guru dari siswa ini sangat responsif sehingga saat kejadian itu langsung segera ditangani dengan baik,” ujarnya kepada waratwan, Sabtu (12/8/2017).

(Baca: Pidato Presiden di HUT RI Dipersiapkan, Ada Usul Tamu Pakai Pakaian Daerah)

Dia menjelaskan, para peserta lomba berbaris dengan menempuh jarak sekitar 5 kilometer sambil melintas jalan protokol dan sejumlah ruas jalan lainnya di Bula. Dia menduga para peserta yang pingsan itu karena kelelahan dan akibat cuaca yang sangat panas.

“Dugaan kami mungkin karena mereka kelelahan, apalagi cuacanya sangat panas sekali tadi,” ujarnya.

Salah seornag warga bernama, Salim mengaku dia dan sejumlah warga lainnya ikut membantu mengangkat para siswa itu saat mereka terjatuh,

”Tadi kami juga ikut membantu untuk membawa ke rumah sakit,” sebutnya.

Dia megakui bahwa saat perlombaan gerak jalan tersebut, cuaca sangat terik, sehingga banyak peserta yang langsung jatuh pingsan saat tiba di garis finish.

Kompas TV Kebakaran Rumah Terjadi di Permukiman Padat Penduduk

PenulisKontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty
EditorSabrina Asril
Komentar