Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Bus Jemaah Calon Haji Brebes Kecelakaan Beruntun di Salatiga

Kompas.com - 12/08/2017, 17:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Empat dari sembilan bus yang membawa jamaah calon haji asal Brebes, Jawa Tengah, mengalami tabrakan beruntun di Jalan Raya Salatiga-Boyolali, tepatnya di Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (12/8/2017) pagi.

Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa ini, namun tiga armada yang membawa rombongan jamaah calon haji langsung diganti karena rusak.

Sedianya depalan bus pembawa jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) 52 Brebes ini akan menuju ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Salah seorang jamaah calon haji, Bambang Rudiyanto mengatakan, saat kejadian bus berjalan dengan kecepatan normal.

Sebagian besar jamaah sedang tertidur ketika tiba-tiba terdengar oleh suara benturan keras dari arah depan bus. Sontak para jamaah terbangun karena kaget dan berteriak mengucap takbir.

Baca juga: 12 Tahun Menabung, Petugas Kebersihan Ini Naik Haji Bersama Istrinya

"Saya di bus nomor tujuh di samping sopir, kalau saya masih terjaga. Tiba-tiba saja bus di depan berhenti lalu bus yang saya tumpangi menabrak bus nomor enam," kata Bambang, jemaah asal kecamatan Kersana, Brebes.

Setelah bus yang ditumpanginya menabrak bus di depannya, beberapa detik kemudian terdengar suara benturan dari arah belakang bus. Rupanya bus yang berjalan beriringan di belakangnya juga saling menabrak.

"Kaca depan pecah, tapi Alhamulillah semua selamat," jelasnya. Berdasarkan data unit laka Satlantas Polres Semarang, semua bus pembawa rombongan jemaah calon haji kloter 52 Brebes tersebut berasal dari Perusahaan Otobus (PO) Dedy Jaya.

Kanitlaka Satlanas Polres Semarang Ipda Supeno mengatakan, awalnya perjalanan sembilan bus dari Brebes dengan mobil patroli jalan raya (PJR) Polres Brebes ini sampai di Salatiga berjalan lancar.

Sekitar pukul 07.30 WIB, beberapa meter sebelum lokasi kejadian, rombongan bus nomor enam berusaha berbelok ke arah SPBU Safari Tengaran. Diduga pengemudi bus rombongan nomor enam, Johari, tidak memberikan informasi kepada rombongan bus di belakangnya, sehingga kecelakaan beruntun tidak terhindarkan.

"Karena jarak terlalu dekat maka terjadi laka lantas karambol. Tapi semuanya sudah melanjutkan perjalanan dengan bus pengganti," kata Supeno. Akibat kecelakan tersebut jalur utama Semarang-Solo sempat tersendat beberapa saat.

Sekitar pukiul 09.00 WIB semua rombongan jamaah calon haji kloter 52 Brebes yang sempat terhenti kembali melanjutkan perjalanan setelah PO Dedy Jaya mendatangkan bus pengganti.

Sekadar mengingatkan, pada musim haji tahun 2016 lalu di jalur yang sama juga terjadi kecelakaan beruntun bus jemaah haji. Saat itu lima dari enam bus rombongan calon haji kloter 70 terlibat kecelakaan karambol di Jalan Raya Klero-Tengaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (3/9/2016) sekitar pukul 07.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com