Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Rokok dengan Uang Palsu Cetakan Sendiri, 2 Pria Ditangkap

Kompas.com - 11/08/2017, 22:17 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Tertangkap tangan sedang mengedarkan uang pecahan Rp 100.000 palsu, M Rizky Arid Pratama (31) warga Perumahan Dosen Politeknik Medan, Jalan Pintu Air IV, Kuala Bekala, Kota Medan, dan rekannya, M Yopi Nasution (33) warga Desa Limau Manis, Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, diamankan personel Polsek Pancur Batu.

Kapolsek Pancur Batu, Kompol Choky Sentosa Meliala saat dikonfirmasi mengatakan, kedua pelaku ditangkap dari sebuah warung yang berada di Jalan Jamin Ginting, Pasar Baru Rumah Sumbul, Desa Sumbul, Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, saat hendak membeli rokok.  

"Kedua pelaku kita ringkus setelah pemilik warung Abraham Sembiring mengetahui uang yang diterimanya palsu. Dia lalu mengikuti kedua pelaku yang sedang membeli rokok di warung Benyamin Guru Singa. Korban pun langsung melapor ke polisi," kata Choky, Jumat (11/8/2017).

Tanpa perlawanan, kedua pelaku langsung diringkus. Hasil penggeledahan diketahui, dua lembar uang pecahan Rp 100.000 palsu sudah dibelanjakan, sisanya di tas ransel yang mereka bawa ditemukan 10 lembar lagi uang palsu pecahan Rp 100.000, uang tunai asli Rp 1 juta, empat bungkus rokok, laptop, dan charger laptop.

"Semuanya kita sita untuk dijadikan barang bukti berikut sepeda motor jenis Yamaha RX King hitam BK 6395 SU yang digunakan pelaku dalam menjalankan aksinya," kata Choky.

Baca juga: Ditempeli Kertas Kado, Pembuat Uang Palsu di Surabaya Masih Amatir

Kanit Reskrim Polsek Pancur Batu Iptu Sehat Tarigan, menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara kedua pelaku mengaku mencetak sendiri uang palsunya dan sudah empat kali dibelanjakan di kawasan Sembahe dan Sibolangit.  

"Kedua pelaku dan saksi masih menjalani pemeriksaan. Kita sudah berkoordinasi dengan Bank Indonesia dan sedang mencari alat yang digunakan pelaku untuk membuat uang palsu," ujar Sehat.  

Kompas TV Jelang Lebaran, penukaran uang seperti sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dilakukan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com