Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Gajah Tiga Hari Berkeliling Permukiman dan Merusak Ladang

Kompas.com - 11/08/2017, 09:35 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kawanan gajah yang berasal dari hutan lindung sudah tiga hari berkeliling ke perkampungan warga di Desa Padang Gunung dan Karang Agung, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.

Kepala Seksi Wilayah Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Sasriful Hadi, mengatakan, pihaknya bersama sebuah LSM dan masyarakat terus berupaya menggiring gajah liar untuk kembali masuk ke habitatnya.

Baca juga: Kisah Transmigran Lampung Berjibaku dengan Gajah

Sedikitnya 500-700 unit petasan digunakan untuk menghalau kawanan gajah.

"Kawanan gajah itu merusak ladang perkebunan seperti pepaya, kelapa dan kopi milik warga," kata Sasriful, Jumat (11/8/2017).

Sebenarnya, kata Sasriful, konflik gajah dan manusia ini memang terjadi secara berulang. Konflik terakhir terjadi pada pertengahan Bulan Juni lalu dengan jumlah 11 ekor gajah.

Kawanan gajah tersebut merusak perkebunan warga Desa Padang Agung. Sekarang kelompok satwa ini mendatangi juga Desa Karang Agung yang sebelumnya tidak pernah terlibat konflik dengan gajah.

"Kelompok yang datang kali ini lebih besar ada 20, sehingga membuat kami cukup kewalahan, sedangkan amunisi sudah hampir habis," katanya lagi.

Baca juga: Pemilik Tewas Diserang Gajah Peliharaan, Jasa Wisata Masih Beroperasi

Warga juga kerap marah kepada pihak polisi hutan karena gagal menjaga gajah tidak masuk ke permukiman.

"Warga sampai mengancam kalau kesabaran warga sudah hilang akan meracun gajah-gajah tersebut. Tapi saya tidak mengomentari ancaman warga itu," ujarnya lagi.

Kompas TV Kelaparan, Gajah Ini Cegat Truk & Curi Kentang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com