Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Pemalang Daftar Jadi Bakal Cawagub Jateng di PDI-P

Kompas.com - 09/08/2017, 19:32 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Bupati Pemalang Junaedi meramaikan bursa Pilkada Jawa Tengah 2018 mendatang. Bupati dua periode itu mendaftarkan diri sebagai sebagai bakal cawagub Jateng di kantor DPD PDI-P Jawa Tengah, Rabu (9/8/2017).

Junaidi datang didampingi para pengurus DPC PDIP Pemalang dan ketua DPC se Pantura Raya. Dia juga didampingi para ulama Pemalang, sesepuh, dan ratusan pendukungnya.

"Atas perintah ketua DPC Pemalang, untuk mendaftar calon wakil gubernur. Ini dalam rangka pengembalian formulir," kata Junaedi seusai mendaftar.

Junaidi siap mundur sebagai Bupati Pemalang jika dalam prosesnya ditunjuk untuk menjadi bakal cawagub di Pilkada mendatang. Kesediaan itu dilatarbelakangi lantaran dirinya petugas partai.

"Saya dari awal mengatakan, hari ini akan mundur dari bupati jika itu perintah (partai)," ucapnya.

(Baca juga: Pilkada Jateng, Bupati Pemalang Incar Posisi Wagub)

Di Pilkada nanti, Junaedi bersedia untuk dipasangkan dengan calon gubernur siapapun. Pihaknya akan total membantu calon gubernur merealisasikan visi dan misinya.

"Saya siapkan tageline Wareg, Waras, Wasis. Rakyate Seneng," tambah Junaedi.

Wareg berarti dipenuhinya sandang, papan dan pangan. Waras berarti sehat warganya, kemudian Wasis berarti jelas, piawai cerdas, dan apa yang tahu diharapkan.

Setelah pihak PDI-P Jateng menerima berkas dari Junaedi, berkas akan dikirim ke pengurus DPP PDI-P untuk menentukan siapa yang direkomendasi pada akhirnya.

Selain Junaedi, setidaknya ada 16 tokoh lagi yang bersaing mendapat rekomendasi dari PDI-P untuk posisi Cawagub Jateng. Empat sosok lainnya memperebutkan kursi calon gubernur.

Di Pilkada Jateng, PDI-P percaya diri karena dapat mengusung pasangannya sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Di DPRD Jateng, PDI-P punya 31 kursi dan cukup untuk mengusung pasangan calon lain.

 

 

Kompas TV Presiden Joko Widodo Buka Simposium MK se-Asean
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com