Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Gelandangan di Trenggalek Melahirkan di Teras Warga

Kompas.com - 08/08/2017, 21:36 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Seorang gelandangan di Trenggalek, Jawa Timur, melahirkan seorang bayi di teras rumah warga (8/8/2017). Bayi dilahirkan dalam keadaan normal tanpa bantuan orang lain.

“Benar, kami menerima laporan bahwa ada gelandangan melahirkan di teras rumah seorang warga,” ujar Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono.

Suyono menjelaskan, sekitar pukul 02.00 Wib, warga Desa Karangsoko digegerkan seorang gelandangan yang tengah membersihkan bayi yang baru lahir. Belakangan diketahui, gelandangan ini baru saja melahirkan sesosok bayi berjenis kelamin perempuan.

Kejadian ini pertama kali dilihat oleh sang pemilik rumah tempat gelandangan tersebut melahirkan. Rumah tersebut berada di jalan raya Trenggalek-Tulungagung, Dusun Sukorejo Kelurahan Karangsoko, Kabupaten Trenggalek.

(Baca juga: Dalam Sehari, Tiga Bayi Dibuang dan Ditemukan di Lokasi Berbeda)

 

Melihat itu, pemilik rumah memanggil tetangganya dan melaporkan peristiwa ini ke salah satu anggota Babinkamtibmas Polres Trenggalek.

“Setelah mendapat laporan, tim kami langsung menuju lokasi temuan dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan RSUD Dokter Soedomo Kabupaten Trenggalek,” tutur AKP Suyono.

Setibanya di lokasi, warga sudah berkerumun, penasaran ingin melihatnya. “Pertama kita lihat di lokasi, kondisi bayi dalam keadaan kotor. Apabila ada orang mendekat, ibu bayi langsung ketakutan dan mendekap bayi. Setelah kami bujuk, akhirnya bersedia kami tangani," ucapnya.

Petugas Posyandu Desa Karangsoko, Uswatul Khasanah (36) mengatakan, saat di lokasi kondisi bayi tidak menangis. Bayi dalam kondisi sehat dengan sedikit benjolan di kepala bagian belakang. Hal itu kemungkinan disebabkan bayi terlalu lama berada di jalan rahim.

"Bayi baru menangis setelah mendapat penanganan dari tim medis,” ungkap Uswatul.

(Baca juga: Bayi Dibuang di Semak-semak dengan Mulut Diplakban)

Setelah itu, bayi beserta ibunya langsung menjalani perawatan lanjutan di ruang instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Dokter Soedomo Trenggalek.

Sementara itu,perwakilan Dinas Sosial yang berada di RSUD Dokter Soedomo Trenggalek, segera melakukan pendataan (asesmen) terhadap ibu kandung bayi.

Hasilnya, gelandangan ini bernama Inem. Ia  berasal dari Desa Ketangi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

“Setiap kami tanya, ibu bayi ini selalu mengatakan nama dirinya serta alamat tempat tinggal yang sama tidak berubah. Namuan ibu kandung belum bisa dimintai keterangan lebih detail karena kondisi masih agak lemas,” Terang Agus Saiful Anwar petugas Dinas Sosial Kabupaten Trenggalek.

Pihak Dinas Sosial langsung melacak sesuai keterangan yang diberikan ibu kandung bayi. Namun cara tersebut belum membuahkan hasil. 

Kompas TV Seorang Ibu Melahirkan di Atas Pesawat Batik Air
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com