Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Tak Khawatir PDI-P dan Golkar Akan Tutup Pintu ke Ridwan Kamil

Kompas.com - 07/08/2017, 22:50 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa, menanggapi kemungkinan PDI Perjuangan berkoalisi dengan Partai Golkar dan mengusung Dedi Mulyadi di Pilkada Jawa Barat 2018. Menurut Saan, arah politik bisa saja berbalik mengingat waktu pelaksanaan Pilkada Jawa Barat 2018 masih jauh dan peta politik masih cair serta dinamis.

"Ini masih cair dan panjang prosesnya. Belum ada yang pasti. Kita tahu sendiri pendaftaran ke KPU baru berlangsung pada Januari 2018 nanti," kata Saan melalui ponselnya Senin (7/8/2017).

Lebih lanjut Saan menambahkan, Partai Nasdem menghargai sikap beberapa petinggi PDI Perjuangan dan Partai Golkar yang mengatakan menutup pintu untuk mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018.

Menurut dia, sikap kedua partai tersebut semata-mata agar tidak menyakiti tokoh-tokoh yang mengikuti proses penjaringan untuk mencari potensi yang bisa diusung sebagai calon Gubernur maupun Wakil Gubernur Jawa Barat.

“Kita sama sekali tidak khawatir. Ini masih banyak partai yang belum menentukan calon. Wajar kalau mereka mengatakan, misalkan untuk tidak mendukung Ridwan Kamil. PDI-P wajar juga kalau hampir menutup pintu untuk Ridwan Kamil karena mereka membuka proses penjaringa," sebutnya.

Baca juga: Akan Koalisi, PDI-P dan Golkar Siap Tutup Pintu untuk Ridwan Kamil

"Mereka tidak mau menyakiti para bakal calon tersebut. Kalau masih menyatakan mempertimbangkan Ridwan Kamil, secara tidak langsung menyakiti proses internal,” tambah dia.

Meski kondisinya demikian, Saan memastikan hubungan Partai Nasdem dengan PDI Perjuangan dan Golkar sangat baik mengingat ketiga partai tersebut merupakan partai pendukung pemerintah. 

Kompas TV Survei Elektabilitas Jelang Pilkada Jabar 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com