Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan di Ogan Ilir, Asap Mulai Ganggu Warga

Kompas.com - 05/08/2017, 11:38 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Kebakaran lahan yang terjadi dalam dua minggu belakangan ini di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan mulai memberikan dampak. Meski masih tipis namun kabut asap mulai terlihat di sejumlah titik di wilayah Ogan Ilir.

Pantauan Kompas. com Sabtu (5/8/2017) pagi, kabut asap terlihat di lokasi komlpek perkantoran Pemkab Ogan Ilir Tanjung Senai. Kabut asat juga terlihat di jalan tol Palindra sehingga pintu gerbang tol yang lagi dibangun terlihat samar.

Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya juga terlihat diselimuti kabut asap dari kejauhan. Wilayah lain seperti komplek pabrik keramik yang ada di kecamatan indralaya utara dan lahan kebun karet warga juga tertutup selimut asap dari kejauhan.

(Baca: Polisi Tangkap Seorang Pembakar Lahan di Ogan Ilir)

Mahyudin, warga Indralaya, Ogan Ilir mengatakan, ia mulai merasakan adanya kabut asap sejak tiga hari lalu. Adanya kabut asap itu sangat terasa saat ia menarik napas, kedua mata Mahyudin juga terasa perih saat ia keluar rumah.

“Asap mulai terasa saat menarik napas, kedua mata saya juga mulai perih,” katanya.

Mahyudinberharap agar kebakaran lahan dapat segera diatasi agar kabut asap tidak menjadi-jadi seperti beberapa tahun lalu.

Kepala BPBD Ogan Ilir Ahmad Syakroni yang coba dikonfirmasi soal munculnya kabut asap ini telepon selularnya tidak bisa dihubungi.

Kompas TV Tebalnya asap selama dua hari terakhir membuat aktivitas masyarakat terganggu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com