Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Kasus Narkotika Kabur dari Lapas Pematang Raya

Kompas.com - 05/08/2017, 06:02 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Seorang narapidana kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Ibnu Putra (25), Jumat (4/8/2017) siang.

Kepala Lapas Kelas II B Pematang Raya Yusran mengatakan, napi kabur tersebut bernama Ibnu Putra, warga Jalan Gang Hidayah 03, Kota Tebing Tinggi.

"Ibnu Putra melarikan diri sekitar pukul 13.30 WIB. Sebelumnya, istri Ibnu diketahui sedang mengunjungi suaminya ini. Sekarang masih kami cari," ujar Yusran.

Ibnu merupakan napi kasus narkotika. Dia ditahan sejak 25 Juli 2016, dengan masa hukuman selama 7 tahun penjara karena melanggar Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Berdasarkan penuturan penjaga lapas dan petugas piket, Ibnu melarikan diri setelah selesai shalat Jumat sekitar pukul 13.30 WIB. Ia turun ke bawah kolam ikan untuk melihat rekan-rekannya yang memberi makan ikan.

Setelah melihat kondisi aman, Ibnu diduga memanjat pagar pembatas lapas setinggi 5 meter dan menerobos pagar atau kawat berduri yang dipasang di atas pagar pembatas.

Dari sana, Ibnu melompat ke dalam jurang dan langsung kabur.

Salah seorang warga, boru Simarmata, yang sedang bekerja di ladang tak jauh dari lapas, mengaku sempat melihat ada laki-laki membuka baju dengan dada dan wajah berdarah. Pria itu bersama seorang perempuan mengendarai sepeda motor matic warna hitam dan berhenti di ladangnya.

Di situ, dia melihat keduanya berganti posisi. Laki-laki menjadi sopir dan perempuan duduk di boncengan. Mereka tancap gas ke arah jalan menuju Pematangsiantar.

Setelah mendapat informasi tersebut, aparat Polres Simalungun menggelar razia di jalan raya untuk mengantisipasi dan mempersempit ruang gerak napi tersebut.

Petugas Polsek Raya kini sedang mencari Ibnu. Kepala Polsek Raya AKP Binsar Pakpahan mengatakan, Ibnu merupakan warga Kota Tebing Tinggi yang dipindahkan dari Lapas Tebing Tinggi ke Lapas Narkotika Pematang Raya pada 12 April 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com