Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilaporkan Hilang, Nelayan Ini Ditemukan Selamat Berkat Rumpon

Kompas.com - 01/08/2017, 19:15 WIB
Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PARIGI MOUTONG, KOMPAS.com – Seorang nelayan bernama Launa Daeng Pawe (57) yang sebelumnya dinyatakan hilang di wilayah perairan laut Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akhirnya ditemukan selamat oleh tim SAR gabungan.

Dari keterangan SAR Palu, sebelumnya pihaknya menerima laporan dari salah seorang warga bernama Nirwan yang menyampaikan kabar bahwa orangtuanya, Launa belum kembali dari melaut.

Baca juga: Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Terbalik

Juru bicara Basarnas, Fatmawati, mengatakan, berdasarkan keterangan pihak keluarga, Launa pamit untuk melaut pada Senin (31/7/2017) sekitar pukul 03.00 Wita.

Namun hingga pukul 15.00 Wita, Launa belum juga kembali.

Nirwan, anak Launa kemudian turun ke laut untuk mencari orangtuanya. Dia juga bertanya kepada sesama nelayan lain tentang keberadaan orangtuanya. Tapi hasilnya nihil.

“Pihak keluarga kemudian menghubungi kami, dan kami pun akhirnya bergerak untuk proses pencarian berdasarkan laporan tersebut,” kata Fatmawati, Selasa (1/8/2017).

Baca juga: Terlilit Jaring Sendiri, Seorang Nelayan Tewas Terseret Ombak

Proses pencarian akhirnya membuahkan hasil. Tim SAR gabungan menemukan Launa tengah berpegangan pada sebuah rumpon (alat tangkap tradisional).

“Tim kami akhirnya menemukan Launa, pagi tadi sekitar pukul 08.05 Wita di perairan Sausu sekitar 7 mil arah timur laut Pantai Sausu,” ujarnya.

Kompas TV Baru beberapa saat lalu, sebuah kecelakaan laut terjadi di Perairan Tarakan, Kalimantan Utara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com