Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembobol Uang Rp 1,2 Miliar di Kantor PDAM Makassar Dibekuk di Ambon

Kompas.com - 01/08/2017, 06:12 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Muhammad Tuanaya (42) alias Ronde, pelaku pencurian uang Kantor PDAM Makassar senilai Rp1,2 miliar dibekuk polisi di kota Ambon, Senin (31/7/2017).

Tersangka dibekuk tim gabungan Resmob Polres Pulau Ambon dan Resmob Polrestabes Kota Makassar saat dia dan istrinya sedang melintas dengan sepeda motor di Rijali, kawasan Belakang Soya, Kecamatan Sirimau sekira pukul 09.30 WIT.

Kapolres Pulau Ambon, AKBP Sucahyo Hadi mengungkapkan, pelaku yang merupakan buronan Polrestabes Makassar itu sebelumnya melancarkan aksi kejahatannya di kantor PDAM Kota Makassar pada 25 Juli 2017 lalu.

“Dia ditangkap saat sedang berboncengan dengan istrinya saat melintas di kawasan Belakang Soya,” kata Hadi, Senin (31/7/2017) malam.

(Baca juga: Kantor PDAM Dibobol Maling, Uang Rp 1,2 Miliar Raib)

 

Hadi mengungkapkan, setelah diinterogasi, polisi membawa tersangka ke Bank BRI Cabang Ambon untuk menarik uang hasil kejahatan yang disimpannya di bank tersebut.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, sepeda motor Yamaha R.25 baru yang dikendarai tersangka itu juga dibeli dengan uang hasil kejahatan seharga Rp 60 juta.

“Uang hasil kejahatan senilai Rp 277 juta, disimpan di rekening istri tersangka di Bank BRI. Selanjutnya kami menuju ke bank bersama tersangka dan istrinya, Nur Tahapary untuk menarik uang tersebut,” ujarnya.

Uang yang berhasil ditarik dari BRI Cabang Ambon senilai Rp 200 juta. Sisanya, akan ditarik di Makassar. Saat ini, sambung dia, tersangka bersama istrinya telah diterbangkan ke Kota Makassar untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

“Setelah menjalani pemeriksaan di Polres, tersangka bersama istrinya langsung dibawa menuju Makassar Bandara Pattimura, sekira pukul 13.35 WIT tadi,” ujarnya.

(Baca juga: Banyak Maling, Jangan Simpan Barang Berharga di Mobil)

Dia menambahkan, saat dibawa ke Makassar, tersangka bersama istrinya dikawal KBO Satrekrim Polres Ambon bersama empat anggota Buser Polres Pulau Ambon. ”Tadi tersangka ikut dikawal juga sama anggota dari sini,” tutupnya. 

Kompas TV Kantor Biro Televisi Swasta Dibobol Maling
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com