Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap di Aceh Barat, Penderita ISPA Bertambah Jadi 367 Orang

Kompas.com - 31/07/2017, 21:01 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Korbankabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan di Kabupaten Aceh Barat selama dua pekan terakhir ini terus bertambah,

Dinas Kesehatan setempat mencatat penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang sebelumnya berjumlah 241 orang, kini bertambah menjadi 367 orang.

"Penderita ISPA terus bertambah, karena dalam dua hari terakhir ini masih ada sisa asap pada titik-titik tertentu, karena udaranya belum benar-benar bersih,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Zafril Luthfi, kepada wartawan, Senin (31/7/17).

Dia mengatakan, para penderita ISPA itu telah mendapatkan penanganan medis, baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien. 

"Sekarang semuanya hanya menjalani rawat jalan," kata Lutfi.

Baca juga: Dampak Kabut Asap, 241 Warga Aceh Barat Terserang ISPA

“Kesiapan petugas serta ketersediaan obat-obatan tercukupi, kemudian Dinkes juga telah melakukan kegiatan penangulangan bencana asap, mulai dari upaya pencegahan dengan membagikan masker serta mensosialisasikan bahaya dampak kabut asap terhadap warga yang beraktifitas diluar rumah,” tambah dia.

Kompas TV Tebalnya asap selama dua hari terakhir membuat aktivitas masyarakat terganggu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com