Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihantam Ombak, Kapal Nelayan Terbalik

Kompas.com - 31/07/2017, 20:39 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Sebuah kapal jukung yang ditumpangi dua nelayan Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, terbalik ketika akan berangkat melaut Senin (31/7/2017) petang.

Meski tak ada korban jiwa, namun kedua nelayan gagal melaut. 

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Marjono, mengatakan, kedua nelayan pantai Baron, yakni Arman (45) dan Muji (46) Warga Desa Kemadang, akan berangkat mencari ikan.

"Saat berangkat baru beberapa menit melakukan perjalanan, kapal dihantam ombak besar, dan terbalik," katanya saat dihubungi Senin (31/7/2017).

Beruntung kedua nelayan tersebut berhasil diselamatkan warga dan Tim SAR yang melakukan patroli. Kedua korban tidak mengalami luka serius, namun kapal mengalami rusak pada sayap sebelah kiri. Akibatnya kedua nelayan itu gagal melaut.

Baca juga: Terlilit Jaring Sendiri, Seorang Nelayan Tewas Terseret Ombak

Marjono menyebutkan, dalam beberapa hari terakhir, para nelayan pantai Baron sedang panen ikan jenis tongkol. Setiap kapal rata-rata mendapatkan ikan sebanyak 1 kuintal.

"Hari ini cuma ada 9 kapal nelayan yang berangkat, dari biasanya puluhan kapal karena ada kenaikan gelombang," katanya.

Menurut diam berdasarkan data yang diterima SAR, gelombang tinggi akan terjadi sampai beberapa hari kedepan. Pihaknya sudah menginformasikan kondisi ini kepada nelayan untuk berhati-hati. 

Kompas TV Cuaca Buruk Picu Kenaikan Harga Ikan Jelang Ramadhan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com